Lakukan 4 Hal Ini Supaya Data di Aplikasi Nggak Bocor

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 12 Mei 2021 15:56 WIB
Illustrasi Kartu Kredit dan Belanja Online
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Di era digitalisasi ini masyarakat mulai terbiasa bertransaksi atau belanja menggunakan aplikasi. Mulai dari sayur, pakaian, tiket pesawat sampai memesan kamar hotel melalui aplikasi.

Tapi di balik kemudahan ini ada risiko yang mengintai. Misalnya seperti kebocoran data pengguna yang kerap kali terjadi. Pengamat IT sekaligus Chief Digital Forensic Indonesia, Ruby Alamsyah, mengungkapkan kebocoran data ini terjadi karena dua kemungkinan, dari pihak peladen dan pengguna.

Inisiatif mengamankan akun semestinya datang dari dua pihak. Selain pihak aplikasi, pengguna berkewajiban mengamankan data dan akunnya.

"Ini seperti Anda punya rumah mewah. Anda mengamankannya dengan kamera pengawas canggih dan gembok berlapis. Namun lupa mengamankan pintu belakang, ya sama saja rumah Anda tetap bisa dibobol, kan?" kata Ruby dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Menurut dia ada beberapa cara yang harus dilakukan demi keamanan akun dan data pengguna. Pertama, pelajari aplikasi yang Anda unduh menerapkan autentikasi jenis apa? Hanya pakai nama pengguna dan kata sandi atau dibekali sistem pengamanan tambahan yang membuat akun, sandi, hingga nomor ponsel tersimpan dengan aman?

Kedua, gunakan kata sandi yang tidak mudah dilacak dan ubah secara berkala tapi jangan terlalu sering untuk menghindari lupa. Ketiga, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk beragam akun aplikasi dan surel. Karena jika satu dibobol, maka akun Anda yang lain bisa disusupi.

"Keempat, perbarui sistem operasi aplikasi gadget dan PC Anda secara berkala termasuk antivirus untuk meningkatkan sistem keamanan dan terakhir, jangan mengunduh aplikasi tidak resmi dan tak jelas manfaatnya. Apalagi mengunduh dari 'toko' tidak resmi. Sejauh ini, unduhan resmi bisa diakses di Play Store dan IOS," jelas dia.

Langsung klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2