Direksi BRI Blusukan Cek Prokes & Layanan Lebaran di Kantor Cabang

Nurcholis Maarif - detikFinance
Rabu, 12 Mei 2021 16:39 WIB
BRI
Foto: dok. BRI
Jakarta -

Sejumlah direksi BRI blusukan ke Kantor Cabang (KC) untuk meninjau penerapan protokol kesehatan dan layanan terbatas selama libur Lebaran. Salah satunya Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto yang menyambangi KC Bogor Dewi Sartika hari ini.

Catur yang mengenakan masker dan pelindung wajah tiba di lokasi pukul 10.30 WIB. Kesempatan ini dimanfaatkan Catur untuk bercakap-cakap dengan sejumlah nasabah yang memanfaatkan layanan khusus libur Lebaran ini.

Catur juga meninjau antrean nasabah yang membutuhkan layanan perbankan yang telah diatur untuk menjaga jarak sesuai protokol kesehatan. Lalu mengecek sejumlah fasilitas pendukung yang ada, seperti ketersediaan kas dan kesiapan ATM, buku tabungan, serta penerapan protokol Kesehatan di Kantor BRI tersebut.

Catur menjelaskan kegiatan kunjungan seperti ini memang sudah kerap dilakukan oleh jajaran manajemen BRI. Selain untuk memastikan layanan BRI berjalan dengan baik, kunjungan ini dimaksudkan untuk tahu kondisi riil dan permasalahan yang terjadi di lapangan dari kacamata nasabah.

"Kegiatan kunjungan seperti ini juga dimanfaatkan untuk dapat lebih dekat dengan para pekerja BRI, serta mendengar aspirasi langsung pekerja yang tetap bertugas dan melayani masyarakat pada momen libur Lebaran," ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Blusukan juga dilakukan oleh Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha. Ia menyambangi KC BRI Tanjung Priok dan KC BRI Achmad Yani, Tangerang yang dikunjungi Arga dari pagi sampai siang hari.

Di sana Arga menyempatkan menyapa nasabah BRI dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan berbincang ringan dengan para pekerja BRI yang bertugas melayani layanan terbatas. Di sela kunjungannya, Arga mengunjungi salah satu layanan nirkantor BRI yaitu Agen BRILink di wilayah Tanjung Priok.

Pada kunjungannya ke Agen BRILink, Arga menerangkan layanan perbankan tidak hanya ada di kantor-kantor BRI, namun juga bisa diperoleh masyarakat melalui Mitra keagenan BRI atau AgenBRILink. Layanan nirkantor BRI ini dapat melayani hampir semua kebutuhan transaksi masyarakat, termasuk setor dan penarikan uang tunai.

"Kemudahan akses layanan perbankan Agen BRILink memudahkan nasabah dalam mendapatkan layanan perbankan yang dekat dengan pemukimannya. Saat ini, Agen BRILink telah melayani masyarakat di 54,6 ribu desa, atau lebih dari 70% jumlah desa di seluruh Indonesia," ujarnya.

Pada saat yang sama, Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo juga melakukan blusukan ke KC BRI Ciputat dan KC BRI Depok. Hal yang sama dilakukan Indra dengan memastikan layanan terbatas telah dilakukan dengan baik dan memastikan sistem maupun jaringan dapat mendukung kebutuhan layanan transaksi perbankan.

Selain memastikan sistem telah berjalan optimal, pada momen kunjungan tersebut juga dimanfaatkan oleh Indra untuk mengapresiasi pekerja BRI dengan memberikan bingkisan Lebaran kepada pekerja yang bertugas. Indra juga mengimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

Selain dapat menggunakan Internet Banking BRI, salah satu layanan digital banking BRI yang dapat digunakan adalah aplikasi BRImo. Dengan berbagai inovasi layanan digital banking BRI tersebut, nasabah dapat lebih mudah bertransaksi dari manapun dan kapan pun.

Sementara itu, SEVP Operation BRI Muhammad Syafri Rozi pada hari ini juga mengunjungi KC Jatinegara dan KC Bogor Dewi Sartika untuk memastikan pelayanan dilakukan telah optimal dan sesuai dengan standar protokol kesehatan sehingga nasabah BRI tetap merasa dimudahkan dan aman. Syafri Rozi mengungkapkan pada setiap libur Lebaran, BRI mencatat terjadi peningkatan jumlah transaksi secara historis.

Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat akan akses perbankan menyambut datangnya hari raya umat Islam. Oleh karena itu BRI tetap siaga membuka layanan di 184 kantor di seluruh Indonesia pada hari ini (12/5) dan juga pada Sabtu (15/5) yang bisa diakses datanya secara lengkap melalui https://bri.co.id/layanan-terbatas .

"Meski BRI membuka sejumlah kantornya, masyarakat memiliki alternatif lain untuk mendapatkan layanan keuangan BRI diantaranya melalui 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, dan 454 ribu Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Syafri Rozi.

"Selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H, BRI juga tetap berkomitmen menjaga service level layanan pelanggan melalui Contact BRI. Nasabah dapat menghubungi kontak resmi BRI pada call center 14017 / 1500017 dan akun-akun media sosial BRI bercentang biru yang siap melayani nasabah 24 jam sehari," pungkasnya.

(prf/hns)