Kantongi Rp 1,8 T, Pendapatan Lionel Messi Lampaui Ronaldo & Neymar

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 13 Mei 2021 22:36 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 08: Lionel Messi of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Atletico de Madrid at Camp Nou on May 08, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Lionel Messi/Foto: (Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Forbes kembali merilis daftar atlet dengan pendapatan terbesar tahunan sepanjang 2020. Hasilnya Conor McGregor menjadi atlet dengan pendapatan paling besar dalam 1 tahun sebesar US$ 180 juta atau setara Rp 2,5 triliun (kurs Rp 14.100).

Dalam daftar 10 atlet dengan bayaran terbesar itu terdapat 3 bintang sepak bola dunia. Mereka adalah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Neymar.

Jika dilihat dari ketiganya saja, Lionel Messi menjadi juaranya. Diikuti oleh Ronaldo barulah kemudian Neymar.

Dalam daftar itu Lionel Messi duduk di peringkat kedua setelah McGregor. Sepanjang 2020 Messi tercatat memiliki pendapatan US$ 130 juta atau setara Rp 1,83 triliun. Meskipun tahun lalu bintang Barcelona itu membuat para penggemarnya gelisah dengan kabar dirinya hengkang dari klub yang membesarkan namanya itu.

Pendapatannya itu terbagi sebesar US$ 97 juta dari bayarannya bertanding di lapangan, dan US$ 33 juta yang berasal dari luar lapangan seperti sponsor Adidas yang telah mengontrak dirinya seumur hidup.

Ronaldo sendiri berada di posisi ketiga setelah Lionel Messi. Dia memperoleh pendapatan tahunan di 2020 lebih rendah yakni US$ 120 juta atau setara Rp 1,69 triliun. Terbagi dalam pendapatan di lapangan sebesar US$ 70 juta dan di luar lapangan US$ 50 juta.

Ronaldo sendiri cukup tenar bahkan menjadi orang pertama di dunia yang mencapai 500 juta pengikut di Facebook, Instagram dan Twitter pada bulan Februari. Sebulan kemudian dia menorehkan prestasi dengan tercatat mencetak 770 gol di semua kompetisi yang melampaui penghitungan gol legenda Brasil Pelé.

Pria berusia 36 tahun ini tengah menjalani kontrak dengan klubnya saat ini senilai US$ 64 juta per tahun dan berakhir pada 2022. CR7 juga memiliki kontrak seumur hidup dengan Nike.

Sedangkan Neymar berada di posisi keenam di bawah LeBron James. Dengan 282 juta pengikut di Facebook, Instagram, dan Twitter menjadikannya atlet terpopuler ketiga di media sosial, setelah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Hal itu juga menjadikannya daya tarik utama bagi banyak merek. Tahun lalu, dia mengumumkan keluar lebih awal dari kontraknya dengan Nike's Jordan Brand dan menjadi duta baru untuk Puma. Total pendapatan Neymar selama 2020 mencapai US$ 95 juta atau setara Rp 1,34 triliun.

(das/hns)