Curhat Para Menteri Jokowi yang Tak Mudik: Cobaan Berat, Harus Sabar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 14 Mei 2021 07:30 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Sejumlah menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai dari Luhut Binsar Pandjaitan, Sri Mulyani, Airlangga Hartarto dan Erick Thohir menyampaikan ucapan selamat merayakan Idulfitri melalui akun media sosialnya.

Mereka juga menyampaikan rasa prihatin karena perayaan Idulfitri ini masih dilingkupi oleh pandemi COVID-19 dan tak bisa mudik ke kampung halaman bertemu orang tua. Para menteri pun mengimbau masyarakat untuk tidak pulang ke kampung halaman dan bersedia menahan rindu keluarga dan orang tua.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan sudah dua tahun tradisi bertemu keluarga dihentikan pandemi.

"Rasa rindu ingin bertemu keluarga tentu menjadi cobaan yang sangat berat bagi mereka yang terpisah jarak dan orang tua, keluarga dan handai taulan," kata dia dikutip dari akun Instagramnya, Kamis (13/5/2021).

Dia mengungkapkan walaupun hanya bertemu secara virtual, namun keikhlasan hati tak akan mengurangi nilai dan makna perayaan Idulfitri.

Hal ini karena semua dilakukan demi saling menjaga agar dapat melawan COVID-19.

"Mari jaga hati dan sucikan diri, sambut hari Idul Fitri dengan rasa syukur dan suka cita merayakan hari kemenangan bagi seluruh umat Muslim. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Minal Aidzin wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.

Sementara Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak masyarakat berdoa agar COVID-19 segera berakhir. Selain itu, Airlangga juga mengajak berdoa supaya ekonomi Indonesia kembali pulih.

Kemudian Menteri BUMN Erick Thohir mengajak masyarakat untuk bersabar meskipun dalam kondisi pandemi.

"Idul Fitri tahun ini masih harus kita rayakan dalam penuh kewaspadaan. Sabar, ya. Untuk yang belum dapat memeluk isteri, yang sudah lama tak mencium anak, yang ingin bermanja dengan kakek-nenek, yang ingin membanggakan menantu, yang sudah lama tidak bercengkerama dengan sahabat, sabar ya. Saat ini silaturahmi masih harus daring, karena keselamatan yang kita cintai lebih penting," ujar dia.

Kemudian Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan jika kondisi pandemi ini masyarakat harus menahan diri untuk tidak mengunjungi sanak keluarga demi menjaga kebersamaan dengan orang terkasih.

(kil/eds)

Tag Terpopuler