Ramai di Medsos Pesan Ojol Susah, Ternyata Driver 'Mogok'

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 15 Mei 2021 07:00 WIB
Cara Membeli Saham Gojek
Foto: Ilustrasi (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Pelanggan sempat mengeluh sulit mendapatkan ojek online (ojol) saat Lebaran. Keluhan banyak disampaikan di media sosial Twitter

Ternyata, para pengemudi ojol 'mogok' karena tak mendapatkan bonus dari aplikator.

"Buat customer gojek yg sekarang ngorder & susah dapet driver mohon maaf ya. Tapi drivernya lebih milih OFF karena tidak ada lagi BONUS. Dulu ada BONUS bikin Driver semangat. Yang ada sekarang cuma jaminan argo, dapet selisihnya sedikit sekali :( Mending kumpul bareng keluarga," demikian bunyi postingan akun @ryan_nus, dikutip Jumat (14/5/2021).

Senada, Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono menjelaskan banyak driver ojol 'mogok di tengah Lebaran karena tidak ada bonus dari aplikator.

"Kalau Lebaran kan mungkin nggak terlalu banyak juga order ya. Jadi mungkin lebih baik mereka itu lebih milih bersama keluarga dibandingkan aktivitas mencari penumpang atau mencari order. Hasil tidak seberapa, bonus juga tidak ada sehingga lebih baik mereka meng-off-kan diri," katanya kepada detikcom.

Menurut Igun, bonus bagi driver sudah mulai ditiadakan atau diperkecil. Hal itu membuat para pengemudi tidak begitu semangat dalam menerima orderan yang masuk.

"Ini yang membuat semangat dari teman-teman driver itu mengendur, artinya tidak ada, kalau mencapai performa itu tidak ada apresiasi bonus lah untuk teman-teman driver. Memang waktu awal-awal bonus itu sangat besar, jor-joran, namun mungkin perusahaan aplikasi ini punya strategi tersendiri sehingga tahap driver sudah mulai banyak seperti saat ini bonus diperkecil dan dihilangkan," tambahnya.

Pihak aplikator pun buka suara. Salah satunya dari Gojek. Senior Vice President Corporate Affairs Gojek, Rubi Purnomo mengatakan pihaknya memahami bahwa Idul Fitri mitra driver ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga.

"Oleh karena itu, untuk memastikan tersedianya layanan yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan ojol pada perayaan Idul Fitri ini, Gojek melakukan program spesial Hari Raya sejak 11 Mei 2021 bagi mitra driver yang berniat untuk tetap beraktivitas memberikan layanan pada pelanggan setia Gojek," katanya melalui keterangan tertulis.

Selain itu, Rubi menjelaskan Gojek juga memiliki program khusus bagi mitra driver, yaitu program Swadaya. Itu ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada mitra driver menambah pendapatan dan mengurangi biaya operasional sehari-hari, yakni melalui berbagai inisiatif dan program yang dapat dinikmati oleh mitra driver beserta keluarganya.

"Sebagai perusahaan teknologi terdepan, Gojek berkomitmen untuk menghadirkan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat sehari-hari dengan mempertemukan pelanggan dengan penyedia jasa terbaik, termasuk pada hari-hari besar keagamaan dan libur nasional," tambahnya.

(toy/hns)

Tag Terpopuler