Momen Mudik Kelar, Siap-siap Derasnya Arus Balik Mulai 16 Mei

Sui Suadnyana - detikFinance
Sabtu, 15 Mei 2021 23:04 WIB
Menhub Budi Karya cek proyek Pelabuhan Nusa Penida
Foto: Sui Suadnyana/detikcom: Menhub Budi Karya cek proyek Pelabuhan Nusa Penida
Jembrana -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi kenaikan arus balik mudik Lebaran. Puncak kenaikan arus balik ini diprediksi terjadi pada 16 dan 17 Mei 2021.

"Ke depan ini ada kemungkinan proyeksinya itu kenaikan orang pasca Lebaran di tanggal 16 dan 17. Karena di situ setelah hari minggu besok harus kerja," kata Budi Karya dalam lawatan kunjungan kerjanya di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, Sabtu (15/5/2021).

Karena itu, Budi Karya meminta kepada segenap timnya untuk melakukan konsolidasi, baik mempersiapkan orang maupun mekanisme pada saat arus balik. Budi Karya yakin arus balik nantinya bakal berjalan dengan baik.

"Saya yakin apa yang dilakukan setelah ini berjalan baik, saya pikir pada saat mudik pasca lebaran ini akan terkelola dengan baik asal kita tahu bahwa itu adalah tugas bangsa," terangnya.

Budi Karya menuturkan, sesuai tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbagai pergerakan masyarakat harus dikontrol dengan baik. Karena itu, ia meminta segenap pelaku perjalanan untuk menaati larangan dari pemerintah. Selama larangan mudik, telah terjadi penurunan yang signifikan.

"Oleh karenanya, saya mengapresiasi, baik itu masyarakat. Kita apresiasi mereka mendengarkan apa yang disampaikan pemerintah. (Saya) mengapresiasi juga semua yang ada di sini, baik ASDP, Polres, Polri, TNI, BPTD dan juga Dishub yang bersama-sama melaksanakan itu," terang Menhub.

Untuk diketahui, lawatan kunjungan kerja Budi Karya ke Kabupaten Jembrana berangkat menggunakan helikopter dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju lapangan Gilimanuk. Tiba di Gilimanuk, Budi Karya mengunjungi dua lokasi. Selain mengunjungi Pelabuhan Gilimanuk, kunjungan kerja Budi Karya di Kabupaten Jembrana juga melihat situasi pos penyekatan mudik.

Pos ini lokasinya juga tak jauh dari lokasi pelabuhan. Saat berada di pos penyekatan, Budi Karya diterima oleh Direktur Lalulintas Polda Bali Kombes Pol Indra dan berbagai unsur lainnya.

(hns/hns)