Nih 'Bos-bos' Pemodal GoTo: Ada Astra, Alibaba Sampai Tencent

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 17 Mei 2021 13:08 WIB
Gojek dan Tokopedia resmi merger dan menghasilkan grup GoTo.
Ilustrasi/Foto: Dok. GoTo
Jakarta -

Gojek dan Tokopedia resmi merger dan menghasilkan GoTo. GoTo merupakan grup teknologi gabungan Gojek dan Tokopedia yang menjadi kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Tahukah kamu siapa yang menjadi penyokong dana di GoTo ini?

Dari keterangan resmi yang diterima detikcom disebutkan ada jajaran investor utama di kedua perusahaan seperti Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google,JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa, dan Warburg Pincus.

CEO dan Co-founder Gojek Kevin Aluwi mengungkapkan kombinasi kedua perusahaan ini akan memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen didukung oleh jaringan mobilitas tercepat dan terbesar dari para mitra driver dan merchant.

Perwakilan investor, Senior Vice President Alibaba Group Michael Yao menyebutkan di bawah kepemimpinan William, Tokopedia mendorong pertumbuhan yang pesat dan kuat dalam empat tahun terakhir.

Dia menjelaskan Alibaba melihat peluang besar di wilayah Indonesia. Dengan kolaborasi dua perusahaan ini, menurut Michael keduanya akan memiliki posisi kuat dan menciptakan nilai tambah bagi karyawan, konsumen dan industri secara keseluruhan.

GoTo menyatukan kekuatan dua perusahaan teknologi dan menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global. Mulai dari layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia untuk melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Dengan kolaborasi ini GoTo memiliki Gross Transaction Value (GTV) secara Grup lebih dari US$ 22 miliar pada 2020. Kemudian lebih dari 1,8 miliar transaksi pada 2020.

Selanjutnya ada lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020. Lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant) per Desember 2020. Selanjutnya ada lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan dan kontribusi 2% kepada total PDB Indonesia.

Tonton Video: Gojek dan Tokopedia Masih Malu-malu Kucing soal Merger

[Gambas:Video 20detik]



(kil/eds)

Tag Terpopuler