Mahalan Mana Roket Hamas dengan Iron Dome Israel?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 18 Mei 2021 17:25 WIB
Saat Iron Dome membendung tembakan roket Hamas (AFP/MOHAMMED ABED)
Foto: Saat Iron Dome membendung tembakan roket Hamas (AFP/MOHAMMED ABED)
Jakarta -

Konflik yang tengah berlangsung di Palestina merupakan pertempuran antara militer Israel dengan kelompok Hamas. Mereka bertempur dengan kekuatan serangan udaranya masing-masing.

Hamas memiliki roket yang menjadi senjata andalannya. Sementara Israel memiliki sistem pertahanan udara yang bernama Iron Dome.

Senjata pengahancur roket itu belakangan ini ramai diperbincangkan. Lalu berapa harganya?

Melansir The Jerusalem Post, Selasa (18/5/2021), Hamas dikabarkan memiliki belasan ribu roket. Sebagian besar merupakan roket jarak dekat.

Pakar rudal Uzi Rubin dan Tal Inbar mengatakan selisih harga dari senjata yang dimiliki Hamas dan militer Israel cukup siginifikan.

Rubin, yang dianggap sebagai salah satu bapak pertahanan rudal Israel, mengatakan bahwa roket terbaik Hamas pun relatif mudah dibuat, murah dan tidak dikenal karena jangkauannya yang luas.

Tidak seperti Hizbullah di Lebanon, yang memiliki beberapa roket jarak jauh dengan presisi yang mahal, Rubin mengatakan bahwa roket jarak jauh Hamas sebenarnya kurang akurat daripada roket jarak pendeknya.

Diperkirakan roket Hamas jarak pendek utama yang disebut Qassam harganya masing-masing mulai dari US$ 300 hingga US$ 800.

Tal Inbar, mantan kepala pusat penelitian luar angkasa Institut Fisher, memperkirakan biaya untuk membuat roket jarak jauh milik Hamas bisa mencapai ribuan dolar AS.

Angka itu menurutnya sangat jauh jika dibandingkan dengan biaya pembuatan Iron Dome milik Israel. Masing-maisng diperkirakan bianya sekitar US$ 50.000 dan US$ 100.000.

Simak juga Video: Roket Hamas Menjangkau Kota Ashdod di Pesisir Israel

[Gambas:Video 20detik]



(das/dna)

Tag Terpopuler