5 Tips Atur Uang Belanja Mingguan, Yuk Dicoba Yuk

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 19 Mei 2021 13:08 WIB
Viral! Uang Belanja Rp 15 Ribu Harus Cukup Beli Beras dan Sayur
Foto: detikFood
Jakarta -

Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang kerap diremehkan dan dianggap mudah, padahal faktanya tidak begitu.

Seorang ibu rumah tangga tak hanya harus mengurus anak dan rumah tapi juga keuangan keluarga. Pernah kelimpungan karena tak bisa mengatur budget uang belanja sehingga beberapa kali terasa kurang?

Jika ya, ada baiknya kita mengatur uang belanja sejak dini agar keuangan rumah tangga berjalan sesuai anggaran.

Jika selama ini selalu membuat budget hanya untuk belanja bulanan, kita juga perlu menentukan anggaran kebutuhan mingguan. Yuk belajar atur uang belanja mingguan terutama untuk para ibu rumah tangga.

1. Tulis Daftar Belanja

Mungkin terdengar klasik tapi ini sangat berpengaruh. Pentingnya menulis daftar belanja sebelum pergi ke supermarket atau pasar.

Untuk menentukan uang belanja mingguan, terlebih dahulu harus menulis kebutuhan rumah tangga dalam satu minggu. Dilansir dari BBC, menulis daftar belanja juga membantu kita merencanakan menu makanan selama satu minggu.

Jadi, ketika sampai pasar atau supermarket maka kita tak perlu mengelilingi semua area. Cukup berhenti pada rak-rak berisi kebutuhan dalam daftar belanja tersebut.

Mulailah menulis daftar belanja pada hari libur, ketika suami bisa membantu menjaga anak di rumah. Mungkin bisa menulisnya pada hari Sabtu kemudian pergi belanja keesokan harinya.

Bisa juga menuliskan daftar belanja dalam aplikasi, notes, atau secara manual. Ingat, daftar belanja ini perlu dibedakan antara mingguan dan bulanan ya.

2. Pergi ke Supermarket Lokal

Ada baiknya, kita belanja di supermarket lokal jika ingin mendapatkan penawaran harga terbaik. Umumnya, supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari dalam negeri akan memiliki harga lebih murah.

Berbeda dengan supermarket yang lebih banyak menjajakan barang-barang import atau luar negeri maka harganya pun tentu lebih tinggi. Semua tergantung gaya hidup dan keuangan rumah tangga masing-masing.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Kesal Dimintai Duit Belanja, Suami di Sumsel Tega Aniaya Istri!"
[Gambas:Video 20detik]