Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha, Bahlil: Jangan Cita-cita Jadi PNS

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 22 Mei 2021 15:30 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Foto: Mohammad Wildan/20detik
Jakarta -

Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendorong para mahasiswa agar tak melulu bercita-cita jadi PNS atau karyawan. Mahasiswa didorong untuk jadi pengusaha.

Menurut Bahlil, semenjak ada Undang-undang Cipta Kerja, semua orang bisa menjadi pengusaha sebab proses perizinannya kini sudah dipermudah dan bisa dilakukan secara online melalui sistem Online Single Submission (OSS). Proses perizinannya pun kilat, hanya butuh 3 jam saja.

"Jadi sekarang kalau adek-adek buat perizinan usaha itu bisa cepat langsung lewat OSS, apalagi kalau UMKM itu hanya 3 jam," ujar Bahlil di hadapan para mahasiswa Universitas Citra Bangsa, Sabtu (22/5/2021).

Tak hanya itu, ia juga menjamin proses pengurusan perizinan usaha lewat OSS ini tanpa ada pungutan biaya.

"Tidak ada bayar-bayar, tidak ada lagi kelakuan-kelakuan lama. Udah kita ini harus buka tabir, jangan ada dusta di antara kita. Kita ini kalau mau negara baik harus jujur pada diri sendiri dan untuk kebaikan bangsa dan negara," tegasnya.

Ia kemudian memberi gambaran betapa terbatasnya lapangan kerja saat ini. Untuk itu, mahasiswa diminta agar tak melulu bergantung pada hal tersebut.

"Kalau kalian kuliah hanya bercita-cita menjadi PNS atau karyawan saya ingin menjelaskan total PNS yang diterima setahun antara PNS sipil, TNI/Polri, dan pegawai BUMN tidak lebih dari 800 ribu tidak lebih. Sementara tiap tahun 2,9 juta kampus mengeluarkan output terbaiknya. sisanya mau di ke manakan nih?" tantangnya.

"Caranya adalah menjadi pengusaha. Menjadi pengusaha adalah solusi terbaik untuk bagaimana caranya menciptakan lapangan pekerjaan," sambungnya.