Rencana Besar Luhut Bikin Bumbu Masakan RI Beken Sejagat

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 29 Mei 2021 07:30 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho: Menko Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Sebelumnya Luhut juga menceritakan studi khasus gastrodiplomasi Jepang yang mempromosikan 'washoku' pada tahun 2006 sebagai bentuk kekhawatiran Jepang akan penyerapan hasil panen yang kurang optimal oleh pasar lokal.

Dari sisi transportasi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyampaikan kesiapan kementeriannya untuk mendukung Indonesia Spice Up The World.

"Kami siap untuk berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian, kita dapat lakukan rapat-rapat kecil, nanti kami sampaikan penerbangan yang dapat membantu menyebarkan. Karena untuk makanan ini transportasi udara yang paling mendukung," jelas Menteri Budi.

Menurutnya, para pelaku industri kuliner di luar negeri paling membutuhkan dukungan dari segi regulasi perdagangan dan dari segi angkutan. Dirinya yakin dengan dukungan yang diberikan akan memberikan ruang bagi produk rempah dan bumbu Indonesia untuk berkembang di dunia.

Oleh karena itu, Luhut menyebut perlu disusun rencana target untuk membawa rempah dan bumbu asli Indonesia mendunia.

"Kita perlu menyusun rencana target, jadi ada ukurannya agar kita tahu sudah sejauh mana yang kita kerjakan. Kita juga bisa cari success story usaha kuliner Indonesia di luar negeri sebagai percontohan," ucap Luhut.


(hek/hns)