Bagaimana Peran Sektor Usaha Bantu Pemerintah Tangani Pandemi?

Tim Detikcom - detikFinance
Minggu, 30 Mei 2021 09:58 WIB
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Peran pengusaha dinilai sangat penting dalam upaya pemulihan ekonomi dari Pandemi Corona. Seperti halnya krisis 98 yang di mana UMKM jadi penggerak perekonomian utama, peran sektor usaha pun sangat vital untuk bangkit dari krisis akibat COVID-19.

Wakil Ketua Umum Kadin bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan, Anindya Bakrie mengatakan, hal itu dilakukan oleh Kadin. Kadin adalah mitra strategis Pemerintah untuk upaya pemulihan pandemi Covid-19 dan untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Kadin mempunyai peran dan fungsi yang diatur di Undang-Undang no. 1 tahun 1987 untuk menjadi mitra strategis Pemerintah," kata Anindya Bakrie dalam sambutan pada acara Silaturahim Nasional Kadin; Sinergi Pemerintah dan Pengusaha Nasional/Daerah dalam Pemulihan Ekonomi, Investasi dan Covid-19, akhir pekan kemarin, ditulis Minggu (30/5/2021).

Anin mengatakan, saat ini, pemerintah sudah on track dalam melakukan kebijakan penanganan COVID dan pemulihan ekonomi akibat pandemi.

"Secara khusus kami merasa dan melihat bahwa Pemerintah telah melaksanakan kewajibannya dengan begitu baik di situasi yang sangat sulit ini. Yang artinya, kami dari Kadin juga harus bisa mengimbangi (kerja baik pemerintah)," ujarnya.

Anin yang pada periode kali ini maju mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin, bertekad untuk menjadikan Indonesia Emas pada 2045. Sinergi berbagai pihak termasuk pengusaha-pengusaha di daerah menjadi vital demi mewujudkan hal ini.

"Kami membicarakan program kerja. Bukan visi misi lagi. Karena visi misi kami harus sama dengan visi Pemerintah Indonesia. Yaitu, 2045 menjadi Indonesia Emas. Indonesia Emas secara esensi menjadi negara yang ekonominya mandiri, manusianya berbudaya, dan politiknya mapan. Dalam hal ini, Kadin Indonesia ingin berkontribusi dalam sisi ekonomi," jelasnya.

Program kerja itu Anin namakan ProKADIN. 'Pro' untuk profesional. Adapun huruf K dalam ProKADIN berarti kelembagaan dan SDM Kadin yang kuat. A bermakna agrikultur untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. D ialah daerah dengan UMKM modern sebagai unggulan. I adalah industrialisasi yang berorientasi pada konektivitas infrastruktur dan ekspor. Terakhir, N untuk normalisasi kehidupan pasca pandemi dan kemandirian nasional bidang kesehatan.

"(Saya) berupaya program kerja ini untuk diperjuangkan di Musyawarah Nasional Kadin. Semoga ini menjadi bahan kontribusi dan diskusi. Jadi, mohon masukannya karena program kerja ini memang fokus untuk lima tahun ke depan," terang Anin.

Simak Video: Terapkan 3 Hal Berikut Agar Bisnis di Masa Pandemi Tetap Lancar

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/dna)