TKA Masuk saat Dilarang Mudik, Andre Minta Bahlil Tegur Smelter Asing

Angga Laraspati - detikFinance
Selasa, 01 Jun 2021 12:29 WIB
Andre Rosiade
Foto: Istimewa
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade meminta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegur smelter asing. Hal ini terkait datangnya ratusan tenaga kerja asing (TKA) asal China masuk ke Sulawesi Tenggara di tengah kebijakan larangan mudik.

Permintaan itu disampaikan Andre saat rapat kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri Investasi, Senin (31/5) kemarin. Andre mengatakan kedatangan WNA asal China saat larangan mudik itu telah terjadi dalam 2 tahun berturut-turut.

"Saya minta Pak Menteri melakukan langkah tegas. Pertama, jangan ulangi kejadian berulang Pak Menteri, setiap lebaran tenaga kerja asingnya datang. Rakyat kita disuruh jangan mudik, tetapi tenaga kerja asing yang bekerja di smelter-smelter Tiongkok (China) itu datang di saat masyarakat dilarang mudik," kata Andre dalam keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021).

Andre mengatakan pemerintah harus peka terhadap suasana kebatinan masyarakat. Fakta TKA asal China masuk ke Republik Indonesia di saat rakyat dilarang mudik telah mengusik rasa keadilan masyarakat.

Ia pun ingat betul kejadian serupa terjadi menjelang momentum mudik Lebaran tahun lalu. Dia juga menyayangkan pemerintah tak belajar dari derasnya kritik tahun lalu.

"Tahun lalu seperti itu, masa tahun ini juga seperti itu. Masa tidak ada rasa pakewuhnya. Apa setelah larangan mudik selesai, baru mereka boleh hadir tenaga kerja asing itu," tutur Andre.

"Nah, di saat masyarakat Indonesia dilarang mudik, lalu kita dipertontonkan tenaga kerja China itu datang ke Indonesia seakan-akan dia bisa melabrak aturan," tambahnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat ini pun meminta Menteri Investasi mengambil sikap soal ramainya kritik kedatangan para WN China ini.

"Jadi ini sudah dua tahun, tahun lalu dan tahun ini terjadi lagi. Seakan-akan pemerintah tidak memberikan rasa keadilan kepada masyarakat. Ini tolong Pak Menteri bicara dengan smelter asing. Tolong berikan rasa keadilan kepada masyarakat," tandas Andre.

Sementara itu, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memastikan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia adalah tenaga kerja berskill khusus yang harus didatangkan untuk mempercepat pembangunan pabrik.

"Saya sampaikan sejak kami menjadi Kepala BKPM dan pernah ada kesepakatan dengan Menteri Tenaga Kerja, Menkumham dan BPPM. Salah satu rekomendasi tenaga kerja asing masuk itu dari BKPM. Jadi tenaga kerja asing yang masuk itu betul-betul punya skill yang dibutuhkan segera dalam rangka penyelesaian pabrik," ungkap Bahlil.



Simak Video "KSPI Kritik TKA China Masuk RI di Tengah Larangan Mudik: Tidak Adil"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/hns)