Blusukan ke Jatim, Wamendag Promosi Sistem Resi Gudang

Faiq Azmi, Eko Sudjarwo - detikFinance
Kamis, 10 Jun 2021 14:46 WIB
Politikus Golkar Jerry Sambuaga jadi Wakil Menteri Perdagangan
Foto: Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Andhika Prasetia/detikcom)

Lebih Lanjut, Jerry mengungkapkan, pihaknya telah membangun skema pengoptimalan SRG. Harapannya, kedepannya SRG dapat difungsikan dengan baik, khususnya saat harga gabah naik, petani dapat menjualnya. Selain meninjau SRG yang berada di Desa Bakalanpule, Kecamatan Tikung, Wamendag juga berkesempatan blusukan ke salah satu pasar di Lamongan, yaitu Pasar Sidoharjo Lamongan untuk memantau harga-harga sejumlah kebutuhan pokok yang ada di Lamongan secara langsung ke pedagang.

Dari pedagang, Wamendag mengetahui jika harga sejumlah komoditas di Lamongan masih stabil. Bahkan, Wamendag juga berkesempatan berbelanja sejumlah kebutuhan pokok di pasar terbesar di Lamongan ini seperti daging, lombok dan juga beras.

Upaya optimalisasi dan pengembangan SRG oleh Wamendag ini juga mendapat dukungan wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardag. Emil yang turut mendampingi saat peninjauan bersama Wamendag turut mendukung upaya pengembangan SRG yang dinilai mampu menjadi pendorong perekonomian bagi masyarakat.

"Ini merupakan salah satu gudang yang sudah disediakan oleh Menteri Perdagangan. Fungsi pengelola disini, selain menjaga tentu dapat menjembatani akses pemasaran dan pembiayaan. Untuk itu kehadiran Wamendag dan atensi Wamendag kesini mudah-mudahan dapat memberikan kita semangat dan gudang yang belum optimal dapat dioptimalkan," ungkap Emil.

Sementara, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menerima Wamendag di ruang kerjanya mengungkapkan, berbagai upaya pengoptimalan fungsi SRG terus dilakukan selain dengan dengan berbagai pihak untuk menjadi pengelola juga telah berkoordinasi dengan BAPPETI Kemendagri.


(hns/hns)