Sejarah McD di Indonesia, Gerai Pertama di Sarinah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 13 Jun 2021 08:11 WIB
Pelayan McDonalds Penipuan Harga STC Senayan
Foto: Twitter @jjprofileid
Jakarta -

Restoran cepat saji, McDonald's menjadi perbincangan ketika mengumumkan kolaborasi dengan boy band asal Korea Selatan BTS dengan meluncurkan produk BTS Meal.

Banyak gerai yang diminta untuk tutup karena menimbulkan kerumunan driver ojek online yang mengantre untuk membelikan pesanan.

Tapi kali ini detikcom tidak akan bercerita soal kolaborasinya lagi. Sekarang soal sejarah McDonald's di Indonesia.

McDonald's saat ini merupakan restoran cepat saji terbesar di dunia yang berdiri pada 1955 di California Amerika Serikat (AS). Produk unggulannya berupa Burger Big Mac dan sekarang McD memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Dikutip dari laman resmi mcdonalds.co.id disebutkan McDonald's di Indonesia pertama kali masuk pada tahun 1991. Gerai pertama dibuka di Sarinah, Thamrin.

Iya, gerai pertama ini sudah tutup pada (10/5/2020) karena Sarinah sedang melakukan renovasi. Ketika penutupan itu banyak konsumen dan sampai menimbulkan kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Bambang Rachmadi lah yang pertama kali membawa McDonald's ke Indonesia. Kisah bisnis Bambang bermula setelah dirinya berhenti dari Presiden Direktur Panin Bank untuk mewujudkan impiannya menjadi wiraswastawan.

Akhirnya pada tahun 1991, Bambang berhasil membuka McD pertama di Indonesia. Bambang mendirikan PT Ramako Gerbang Mas yang mengelola 13 gerai McDonald's di Indonesia pada tahun 1991.

Pada tahun 1994, Bambang melalui PT Rezeki Murni (PTRM) miliknya bekerja sama dengan International Development Services (IDS) yang berafiliasi dengan McD Corp mengelola 97 gerai McDonald's di Indonesia.

Namun kerja sama itu tak berjalan mulus terus, di tengah jalan Bambang harus berhenti mengelola McDonald's. Hal itu terjadi setelah PT Rekso Nasional Food (RNF) yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) pada tahun 2009.

Hal ini membuat lisensi McDonald's yang dipegang Bambang harus berpindah tangan. PT RNF pun diberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald's dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia sejak saat itu.

Pada tahun 2009 PT RNF yang merupakan salah satu anak usaha Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald's dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini PT RNF telah membuka sekiranya lebih dari 200 gerai McDonald's tersebar di berbagai kota di Indonesia yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia. PT RNF melalui McDonald's Indonesia selalu berkomitmen penuh menyuguhkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, menghadirkan kualitas makanan terdepan, serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia.



Simak Video "BTS Dibayar Fantastis untuk Kolaborasi McD BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)