Airlangga Beberkan Strategi Vaksinasi COVID-19 1 Juta/Hari

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 15 Jun 2021 11:35 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Foto: dok. Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yakin target vaksinasi COVID-19 1 juta dosis per hari tercapai mulai Juli sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dilakukan untuk mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity) guna melawan pandemi COVID-19.

Airlangga mengatakan demi mencapai target tersebut pelaksanaannya akan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 600.000 dosis, sedangkan 400.000 dosis sisanya akan ditugaskan kepada TNI/Polri.

"Jadi kita berharap di bulan Juli nanti angka 1 juta per hari bisa dilakukan karena memang tidak ada lain untuk penanganan COVID ini adalah percepatan dari vaksinasi," katanya dalam webinar yang diselenggarakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Selasa (15/6/2021).

Saat ini sendiri realisasi vaksinasi COVID-19 berada di angka 31 juta dosis. Jumlah ini diharapkan terus meningkat seiring dengan target vaksinasi 1 juta dosis/hari.

"Kita sudah lakukan 31 juta dosis dan tentu kita berharap Bapak Presiden kemarin dalam rapat sudah memberikan penugasan bahwa target 1 juta ini dicapai di bulan Juli," tuturnya.

Selain percepatan vaksinasi, kata Airlangga, pemerintah juga memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro sampai dengan 28 Juni 2021. Ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan kasus pasca Lebaran.

"Ini sudah berlaku di 34 provinsi dan beberapa hal diperketat jadi PPKM untuk di zona merah itu untuk pendidikan dilakukan kembali secara daring. Kegiatan sembahyang kembali diutamakan di rumah masing-masing," imbuhnya.



Simak Video "Hingga Detik Ini, RI Sudah Terima 93 Juta Dosis Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)