Lama Tak Muncul ke Publik, Apa Kabar Jack Ma?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 16 Jun 2021 10:43 WIB
Jack Ma dan Pertarungan Politik China
Lama Tak Muncul ke Publik, Apa Kabar Jack Ma?
Jakarta -

Bos Alibaba Jack Ma disebut-sebut sedang menghindari sorotan publik. Salah satu pejabat eksekutif Alibaba Joe Tsai mengungkapkan jika Ma setiap hari berbicara dengannya.

Menurut Joe, Jack Ma setiap hari melakukan kegiatan yang menyenangkan. "Dia sekarang hobi melukis dan itu sangat baik," kata dia dikutip dari BBC, Rabu (16/6/2021).

Memang Ma jarang muncul lagi ke publik setelah hubungannya dengan pemerintah China memanas pada November lalu.

Jack Ma merupakan salah satu orang terkaya di China setelah perusahaan pembayaran digitalnya Ant Group yang merupakan aliansi Alibaba melakukan debut saham ganda di Hong Kong dan Shanghai yang mencapai US$ 34,4 miliar.

Penawaran tersebut dihentikan oleh regulator China karena Ma disebut bermasalah mengatur perusahaan. Kemudian Jack Ma mengritik langkah pemerintah China dan hal inilah yang membuat Ma 'menghilang'.

Selain itu Jack Ma juga pernah menyampaikan jika perbankan digital memiliki sistem yang sangat baik. Karena itu di masa depan, keputusan pinjaman bisa dilakukan tanpa agunan tapi menggunakan data.

China juga telah melakukan penyelidikan antimonopoli ke Alibaba. Hingga perusahaan tersebut di denda US$ 2,8 miliar oleh regulator China pada April lalu. Alibaba dinilai menyalahgunakan posisinya di pasar modal selama bertahun-tahun.

(kil/fdl)