Profil Adelin Lis, Pengusaha Buron Pembalakan Liar yang Ditangkap di Singapura

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 13:05 WIB
Adelin Lis (Antara Foto)
Profil Adelin Lis, Pengusaha yang Buron karena Kasus Pembalakan Liar/Foto: Adelin Lis (Antara Foto)
Jakarta -

Nama Adelin Lis kembali mencuat. Buron kasus pembalakan liar di Sumatera ini berhasil ditangkap di Singapura dan akan segera dikembalikan ke Indonesia. Adelin Lis telah buron sejak 2007 dengan kabur ke luar negeri.

Adelin Lis ditangkap dan diadili di Singapura karena kasus pemalsuan dokumen imigrasi dan akan segera dideportasi ke Indonesia.

Lalu seperti apa latar belakang Adelin Lis?

Adelin Lis adalah pengusaha di sektor pengolahan kayu dan perkebunan asal Sumatera Utara. Dia merupakan pemilik PT Mujur Timber, perusahaan pengolah kayu gelondongan menjadi tripleks serta kayu lapis (plywood) di Sibolga.

Perusahaannya ini juga mengelola bisnis perhutanan dengan mendapatkan sejumlah Hak Pengusahaan Hutan (HPH) di Provinsi Sumatra Utara. Hal itu dilakukan lewat PT Keang Nam Development Indonesia (KNDI) yang memiliki HPH seluas 58.590 hektare sejak 1998 dengan masa berlaku 55 tahun. Adelin Lis menjadi direktur keuangan di perusahaan itu.

Sementara di PT Mujur Timber, yang merupakan perusahaan utama keluarganya dia menjadi direktur utama. Saat ini estafet kepemimpinan perusahaan beralih ke Yansen Ali yang tak lain merupakan putra Adelin Lis.

Penguasaan sektor hulu dan hilir ini menjadikan usaha keluarganya sebagai raja perkayuan Sumatra dan menjadi penggerak utama ekonomi Kota Sibolga. Bahkan perusahaannya ini banyak melakukan ekspor olahan kayu.

Nah di 2006, PT KNDI dituduh menjadi pelaku ilegal logging, sejak saat itu Adelin Lis sempat menjadi buron. Diketahui dia kabur ke China saat proses pengadilan berjalan. Di negeri Tirai Bambu dia sempat lolos usai ditangkap KBRI China. Namun, selang sehari kabur, Adelin lis kembali ditangkap di Beijing, China dan dibawa ke Indonesia.

Setelah itu proses hukum terhadap Adelin Lis terus berlanjut hingga persidangan. Anehnya, Pada 5 November 2007, Adelin Lis divonis bebas oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Medan. Alasannya, karena jaksa dianggap tidak memiliki cukup bukti.

Adelin Lis kembali ditetapkan sebagai buran di halaman berikutnya.

Simak Video: Kejaksaan Agung Siapkan Skenario Pulangkan Buronan Adelin Lis

[Gambas:Video 20detik]