Supaya Bisa Bersaing, UMKM di Era Digital Wajib Lakukan Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 19 Jun 2021 09:35 WIB
Sekelompok ibu-ibu di sudut Kota Tangerang mengisi waktu dengan membatik. Lewat batik tulis, mereka dapat berkreasi sekaligus penuhi kebutuhan hidup sehari-hari
Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta -

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia saat ini terus berkembang. Karena itu dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk menopang UMKM yang menghasilkan produk dan jasa berkualitas tinggi.

Mulai dari pemerintah sampai anak-anak muda harus mendukung UMKM ini. Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah bilang jika saat ini UMKM punya peranan besar untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pemerintah juga telah mengalokasikan anggaran demi mendukung UMKM dan korporasi. Nilainya tak tanggung-tanggung mencapai Rp 184,3 triliun dan dukungan insentif usaha sebesar Rp 58,46 triliun.

Hal ini karena, menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini UMKM berperan penting untuk menciptakan kesempatan kerja dan memacu kreativitas masyarakat dalam membuat sebuah produk yang berkualitas.

Menurut Sri Mulyani seluruh pelaku UMKM harus semangat, berjuang dan menekuni bidang yang sudah dipilih. Hal ini supaya produk UMKM bisa menembus pasar domestik maupun global.

"Bangkitnya UMKM adalah bangkitnya ekonomi Indonesia," kata dia.

Namun yang menjadi PR besar, saat ini UMKM juga menghadapi tantangan berat misalnya UMKM yang kesulitan berkembang dan berkompetisi karena fasilitas pendukung yang minim.

Hal ini membuat beberapa kelompok anak muda tergerak untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Misalnya startup atau perusahaan rintisan seperti PTS.sc dan Woobiz yang berupaya untuk fokus dalam pengembangan UMKM di Indonesia.

Keduanya merupakan dua dari 20 startup yang terpilih pada batch pertama program inkubasi Startup Studio Indonesia. Startup Studio Indonesia merupakan program inkubasi intensif yang bertujuan untuk memajukan ekosistem startup Indonesia melalui penyediaan fasilitas akses bagi early stage startup untuk mengembangkan potensi bisnis.