Promo Belanja Online Bikin Dompet Was-was, Aku Kudu Piye?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 12:05 WIB
Young woman paying bills/ shopping online with credit card
Ilustrasi/Foto: istock

3. Jangan jatuh ke dalam perangkap 'diskon'

Terdapat fenomena yang disebut "efek harga referensi," yang pada dasarnya berarti bahwa konsumen tertarik pada produk yang dipasarkan dengan harga diskon. Bahkan jika diskonnya sangat kecil, orang lebih bersedia membeli produk yang mereka anggap sedang dijual, karena konsumen merasa mereka mendapatkan nilai ekstra.

Karenanya penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu harga pasaran sebuah produk yang ingin kamu beli. Jangan sampai hanya karena terdapat kata 'diskon' di dalamnya, kamu malah membeli barang dengan harga yang lebih mahal atau sama aja dengan harga yang ada di pasaran.

4. Jangan lupa masih ada e-commerce lain

Saat ini terdapat berbagai macam e-commerce yang bisa diakses oleh pelanggan. Berbagai toko online juga telah banyak memberikan penawaran ataupun diskon-diskon menarik. Karenanya tidak perlu bagi kamu untuk tergesa-gesa membeli sebuah produk hanya karena waktu promosi akan segera berakhir.

Tenang saja karena promo-promo ini suatu saat akan hadir kembali. Karenanya pikirkan kembali dan hitung ulang anggaranmu sebelum kamu membeli sebuah produk. Kalau dompet sudah mepet, kamu tidak perlu memaksa beli produk tersebut karena masih ada lain kesempatan.


(eds/eds)