Penyebab COVID-19 Meledak: Aktivitas Masyarakat Sudah Seperti Sebelum Pandemi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 16:35 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi anggota dewan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan kerangka kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM PPKF) tahun 2022, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/05/2021).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Kenaikan kasus COVID-18 harian di Indonesia cukup meledak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi ini tak terlepas dari aktivitas masyarakat yang juga terus meningkat.

Sri Mulyani menjelaskan kegiatan masyarakat Indonesia terus meningkat, bahkan seperti masa sebelum adanya pandemi COVID-19.

"Di Indonesia aktifitas masyarakat meningkat dan ini level pra pandemi. Perubahan mobilitas ini capai positif sejak Maret, April, Mei, Juni selalu meningkat positif. Masyarakat sudah lakukan aktifitas baik dari sisi kegiatan di ritel dan recreation grocery," jelas Sri Mulyani di Jakarta, Senin (21/8/2021).

Menurut Sri Mulyani aktivitas yang meningkat ini berdampak positif terhadap kondisi ekonomi. Namun di sisi lain, kondisi ini juga berdampak terhadap jumlah kenaikan kasus COVID-19.

"Ini merupakan hal positif, namun eksesnya dampaknya ke COVID-19 yang meningkat minggu ini harus diperhatikan hati-hati. Di satu sisi positif tapi di sisi lain ada impikasinya," jelas dia.

"Untuk konsumsi rumah tangga ada aspek seasonal pada Mei yang lalu tentunya sesudah Ramadan dan Idul fitri, meski nggak dibolehkan mudik aktifitas masyarakat konsumsi meningkat," tutupnya.

(fdl/fdl)