Penerbangan Mulai Pulih, Maskapai Ramai-ramai Rekrut Pilot

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 22 Jun 2021 10:40 WIB
Delta Boeing 757
Foto: Delta
Jakarta -

Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS), Delta Air Lines Inc berencana mempekerjakan lebih dari 1.000 pilot pada musim panas mendatang. Hal itu diketahui berdasarkan memo perusahaan yang ditinjau oleh Reuters pada hari Senin.

Beberapa operator penerbangan AS lainnya juga mengatakan mereka berencana untuk mempekerjakan lebih banyak pilot dan staf. Demikian dilansir Reuters, Selasa (22/6/2021).

Kepala Operasi John Laughter menulis kepada karyawan, yang mana Delta mengharapkan volume perjalanan liburan pada bulan ini bisa kembali ke tingkat seperti sebelum pandemi, dan lebih banyak pelaku bisnis melakukan perjalanan udara.

AS mencatat 2,1 juta pelaku perjalanan udara pada Minggu, tertinggi sejak Maret 2020 ketika COVID-19 memangkas permintaan. Tetapi angka tersebut masih turun 23% dari tingkat pra-pandemi. Setidaknya maskapai bersiap untuk lebih banyak pelancong.

Setelah kerugian besar pada tahun 2020, Delta mengatakan pihaknya berharap dapat menghasilkan laba sebelum pajak pada paruh kedua tahun 2021, dengan pembukaan kembali perusahaan Amerika pada Hari Buruh pada awal September.

"Fakta bahwa kami mengharapkan untuk mencatat keuntungan pada bulan Juni - hanya 15 bulan setelah penurunan paling tajam dalam sejarah penerbangan - luar biasa," kata Laughter dalam catatan karyawannya.

Namun, dia membunyikan peringatan tentang waktu untuk membangun kembali jaringan internasionalnya.

Maskapai yang berbasis di Atlanta itu mengantisipasi pelonggaran pembatasan perjalanan melintasi Atlantik pada paruh kedua tahun 2021.

Sementara itu, American Airlines mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya bermaksud untuk melanjutkan perekrutan pilot pada musim gugur ini dengan sekitar 300 pilot baru bergabung pada akhir tahun, dan meningkat dua kali lipat pada tahun 2022.

Southwest Airlines masih memiliki sekitar 500 pilot yang berpartisipasi dalam program cuti sukarela, tetapi maskapai mengatakan pada Senin bahwa pihaknya mengantisipasi mempekerjakan perwira pertama akhir tahun ini untuk mendukung operasi 2022.

United Airlines yang berbasis di Chicago bertujuan untuk mulai menambahkan sekitar 300 karyawan pilot baru dalam beberapa minggu mendatang.

Juru bicara United Airlines, Charles Hobart mengatakan maskapai secara lebih luas bertujuan untuk mempekerjakan sekitar 10.000 pilot pada tahun 2030.

(toy/eds)