Kantong Pas-pasan Pengin Punya Emas Batangan? Dikasih Nih Sama Antam

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 22 Jun 2021 12:20 WIB
Seorang pegawai menunjukkan kepingan emas di toko dan perhiasan di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (28/7/2020). Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) pada 28 Juli 2020 menembus Rp1 juta/gram yang merupakan posisi tertinggi sepanjang masa emas Antam diperjualbelikan. ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro
Jakarta -

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) bekerja sama dengan PT Hartadinata Abadi Tbk memproduksi emas mikro seberat 0,1 dan 0,25 gram. Emas batangan 'eceran' ini ditujukan agar investasi logam mulia menjadi lebih terjangkau bagi semua kalangan.

Selama ini Antam baru menjual emas batangan dengan berat minimal 0,5 gram yang tentu harganya lebih mahal dibandingkan berat 0,1 dan 0,25 gram. Produk emas mikro ini diberi nama EmasKITA.

"EmasKITA adalah sebuah karya yang merupakan emas kecil investasi terpercaya dan aman, yang merupakan emas batangan logam mulia yang sudah murni, dengan kualitas terbaik dengan pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram yang tentunya dirancang khusus untuk dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat Indonesia," kata Direktur Operasi dan Transformasi Bisnis Aneka, Bapak Risono dalam konferensi pers virtual, Selasa (22/6/2021).

Dia menjelaskan harga emas mikro ini sama seperti emas Antam pada umumnya yang fluktuatif mengikuti perkembangan harga emas dunia. Tapi dia tak menjawab berapa tepatnya harga emas mikro tersebut untuk saat ini.

"Tentunya untuk mekanisme harga sama lah dengan standar harga Antam yang tentunya juga mengikuti harga emas dunia. Jadi ketika harga emas naik ya tentu ikut naik, ketika harga emas turun ya ikut turun. Jadi kita selalu mengikuti harga emas dunia yang tentunya dikonversi ke dalam bentuk rupiah, tentu ada faktor kurs dolar juga," paparnya.

Masyarakat nantinya bisa menukar EmasKITA yang sudah terkumpul seberat 1 gram dengan 1 gram emas batangan Antam di Butik Emas Logam Mulia TB Simatupang, toko emas jaringan Hartadinata, serta secara online.

"Sekarang bisa menabung emas mikro ini dalam bentuk fisik, dipegang sendiri, nanti kalau sudah terkumpul bisa ditukar emas Antam,"Risono.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Hartadinata, Sandra Sunanto menjelaskan emas mikro tersebut sudah bisa dibeli mulai hari ini di toko emas Hartadinata dan toko emas yang menjadi partner.

"Sudah mulai bisa ditemukan di toko-toko emas partner kami, jadi tidak hanya di toko-toko milik Hartadinata. Mungkin secara bertahap ya, tidak langsung semua produk akan hadir, tapi secara bertahap kita juga akan segera menghadirkan seluruh desain, seluruh jenis produk," tambahnya.

Selain emas mikro, Antam dan Hartadinata juga meluncurkan produk perhiasan emas murni. Tujuannya untuk mendukung penampilan sekaligus sebagai instrumen investasi jangka panjang. Produk tersebut diberi nama Kencana.

Kencana adalah koleksi perhiasan yang terbuat dari emas 24 karat. Jadi, masyarakat bisa mengenakan perhiasan emas murni 99,99% atau setara logam mulia.

(toy/eds)