Kena PHK, IRT Asal Malang Sukses Buka Usaha Jadi Mitra Marketplace

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Selasa, 22 Jun 2021 20:06 WIB
Mitra Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang berjalan hampir dua tahun di tanah air telah mengubah hidup banyak orang. Tak sedikit masyarakat yang harus kehilangan pekerjaan di masa pandemi dan terpaksa putar otak demi memenuhi kebutuhan hidup.

Hal ini juga dirasakan oleh Verra Febriana Kristi yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat imbas pandemi pada 2020 lalu. Ibu Rumah Tangga asal Malang ini mengaku saat di-PHK, ia tengah hamil usia 3 bulan.

Dengan kondisinya saat itu, perempuan berusia 30 tahun ini berpikir akan sulit untuk kembali mencari pekerjaan yang bersedia menerima calon pegawai dengan kondisi hamil. Oleh karena itu, ia pun mencari-cari informasi pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah hingga akhirnya memutuskan banting setir menjadi wirausaha.

"Ketemulah Mitra Tokopedia ini. Saya cari-cari info sendiri, soalnya saya harus punya penghasilan juga nggak bisa bergantung sama suami saja. Soalnya kan kebutuhan rumah tangga untuk saat-saat seperti ini harus semua bekerja," ungkap Verra kepada detikcom, Selasa (22/6/2021).

Verra mengaku kerap menemui tantangan di awal berwirausaha sebagai Mitra Tokopedia, terlebih ini adalah pengalaman pertamanya menjadi wirausaha. Meski demikian, ia mengatakan usaha toko yang dibukanya di rumah ini bisa membantu penghasilannya. Tak hanya itu, ia pun bisa bekerja dari rumah sembari menjaga buah hatinya.

Ibu satu anak ini mengungkap awal mulai menjadi Mitra Tokopedia pada Mei 2020 lalu, ia hanya mengeluarkan modal sebesar Rp 500.000. Modal ini sebagian besar digunakannya untuk berjualan produk digital. Ia merasa terbantu sekali dengan adanya layanan penjualan produk digital Tokopedia seperti isi ulang pulsa, paket data internet, token listrik, BPJS, voucher game, dan lainnya.

Verra mengungkap transaksi produk digital menjadi layanan favorit pelanggan di sekitarnya dan menyumbang penghasilan cukup besar bagi usahanya.

"Paling banyak (transaksi) program digital itu kebanyakan pulsa. Dulu orang-orang harus ke konter HP, di sini lumayan jauh juga konter HP-nya. Begitu di rumah saya buka (Mitra Tokopedia), ya lumayan banyak tetangga yang beli ke sini daripada ke counter," ujarnya.

Tak hanya menjual produk digital, Verra juga menjual berbagai kebutuhan lain seperti sembako di toko miliknya. Ia pun mengaku sebagai seorang wirausaha, dirinya sangat terbantu dengan adanya layanan Mitra Grosir dari Tokopedia. Dengan adanya Mitra Grosir, lanjut Verra, ia tidak perlu khawatir untuk berbelanja stok kebutuhan jualan.

Verra menjelaskan layanan Grosir memberi kemudahan untuk berbelanja online dalam memenuhi stok barang yang dijualnya. Sebab, Mitra Tokopedia akan mengantar langsung barang pesanan ke rumah.

"Soalnya setahu saya dulu kalau belanja diantar ke rumah itu kan khusus pembelian partai besar, nah itu untungnya Mitra Tokopedia. Dia menyediakan (layanan Grosir) untuk pembelanjaan minimal Rp300.000 sudah free ongkir, bahkan tahun lalu minimal Rp50.000 sudah free ongkir," terangnya.

Ia menilai kemudahan belanja grosir secara online yang didapatkannya sebagai Mitra Tokopedia ini sangat membantunya untuk berwirausaha di tengah pandemi. Sebab, ia tak perlu bertemu orang banyak saat berbelanja secara offline.

"Enaknya kalau di Tokopedia dengan Grosir-nya itu saya hemat bensin, nggak bayar parkir, terus juga nggak perlu nutup toko. Karena kalau belanja biasanya mesti nutup toko. Sekarang jadi transaksi lewat HP aja," tutur Verra.

Ia pun merasa diuntungkan dengan banyaknya promo seperti diskon juga cashback yang bisa didapatkannya dari penjualan produk digital. Hingga kini, Verra menyebut bisa melayani lebih dari 100 transaksi per bulannya. Bahkan, ia mengungkap pendapatan usahanya bisa mencapai Rp10 juta dalam satu bulan.

Verra pun berpesan kepada masyarakat lain yang mungkin mengalami PHK atau kesulitan mencari kerja seperti dirinya untuk tetap semangat.

"Yang penting harus tetap optimis untuk bisa dapat penghasilan. Mulai usaha juga bisa dengan modal yang kecil, dan di Mitra Tokopedia itu salah satu aplikasi yang membantu kita untuk memulai usaha dengan modal kecil," pungkasnya.

Sebagai informasi, Mitra Tokopedia adalah aplikasi yang diciptakan untuk pemilik toko, warung, dan individu-individu yang ingin menambah pendapatan. Dengan Mitra Tokopedia, pemilik toko dapat berjualan produk-produk digital. Tokopedia juga memberi kemudahan proses belanja kebutuhan toko atau warung menggunakan fitur Grosir online.

(ega/hns)