UMKM Mau Tetap Eksis di Tengah Pandemi? Coba Tips Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 23 Jun 2021 17:34 WIB
Permintaan mukena meningkat di bulan Ramadhan. Hal itu pun dirasakan oleh salah satu pengusaha di Tangerang yang mengaku kebanjiran orderan di bulan puasa.
Foto: Grandyos Zafna

Dalam mega-event tersebut, AFC akan memberikan donasi sebesar Rp 2 miliar kepada Yayasan Bina Nusantara yang akan dipandu langsung oleh Raline Shah. Pemberian donasi itu akan disaksikan langsung oleh para peserta dan tamu VIP acara AFC.

AFC juga akan memberikan donasi ke UMKM Bali senilai Rp200 juta. Acara ini juga memberikan kesempatan kepada UMKM dari berbagai industri untuk memperkenalkan dan menjual produk mereka. AFC menyediakan sekitar 27 booth yang akan menjual oleh-oleh khas Bali seperti makanan kering dan basah, tas rajut, hingga kain tenun.

Pengamat Pariwisata Taufan Rahmadi menyambut baik penyelenggaraan mega-event AFC. Menurutnya, acara AFC ini menunjukkan cara hidup berdampingan dengan Covid-19 dan akan membantu pemulihan pariwisata di Bali maupun daerah lainnya.

"Kalau acara itu sudah menjalankan prokes, saya jelas setuju. Artinya kegiatan ini bisa memulihkan pariwisata di Bali atau daerah lain. Beginilah cara untuk hidup berdampingan dengan COVID-19," ujar Taufan.

Namun, Taufan mengingatkan agar protokol kesehatan tetap harus diterapkan dengan disiplin. "Tapi ingat ya, harus tetap sesuai dengan protokol kesehatan," tegasnya.


(fdl/fdl)