Kapan Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka? Ini Jawabannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 25 Jun 2021 15:00 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Belum lama ini info terkait www.prakerja.go.id gelombang 18 ramai beredar di tengah masyarakat. Tingginya minat masyarakat terhadap program ini membuat banyak warganet bertanya perihal dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18.

Pertanyaan-pertanyaan ini banyak dilontarkan warganet melalui kolom komentar yang tersedia di unggahan akun instagram resmi Prakerja, yakni @prakerja.go.id. Dalam salah satu balasan terhadap komentar dalam unggahannya, akun @prakerja.go.id meminta kepada masyarakat untuk menunggu informasi selanjutnya terkait pembukaan gelombang 18.

"mohon dpt ditunggu info selanjutnya terkait pembukaan gelombang berikutnya, ya. Terima kasih," tulis akun @prakerja.go.id

Sebelumnya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 telah ditutup pada Senin (7/6/2021). Bahkan seleksi Kartu Prakerja gelombang 17 sudah ditutup sejak minggu lalu dan siapa saja yang lolos telah diumumkan.

Meski pembukaan Kartu Prakerja gelombang 18 masih belum bisa dipastikan, ada baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu cara mendaftar Prakerja. Siapa tahu program Kartu Prakerja akan membuka gelombang berikutnya. Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja melalui www.prakerja.go.id gelombang 18:

Untuk persyaratannya, peserta bisa mendaftar bila memenuhi kriteria berikut:
1. Warga negara Indonesia (WNI)
2.Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal
3. Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha.
4. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.
5. Selain itu, dalam 1 (satu) Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Setelah memenuhi syarat, berikut cara mendaftar Kartu Prakerja:
1. Login www.prakerja.go.id
2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
5. Setelah mengikuti tes secara online, klik 'Gabung' pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
6. Tunggu pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

Demikian syarat dan cara mendaftar Prakerja. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses informasi melalui www.prakerja.go.id gelombang 18 ataupun akun resmi Prakerja di @prakerja.go.id.

(ara/ara)