Begini Cara Kemenhub Maksimalkan Logistik Sektor Kelautan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 25 Jun 2021 17:29 WIB
Program Tol Laut digulirkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memangkas disparitas harga antara wilayah Barat dan Timur Indonesia, sekaligus mempercepat pembangunan di kawasan timur Indonesia dan pulau-pulau terluar. Program yang berlangsung sejak 2015 ini sukses menekan harga barang di beberapa daerah hingga 40%.
Foto: Pool/Kemenhub
Jakarta -

Peringatan Hari Pelaut Sedunia khususnya di Indonesia masih dilakukan dalam suasana pandemi COVID-19 pada tahun 2021. Meski begitu, para pelaut tetap memastikan distribusi logistik dapat menjangkau seluruh dunia.

Pelaut memainkan peranan vital dalam dunia pelayaran saat ini dan masa depan. Hal tersebut sejalan dengan tema Hari Pelaut Sedunia Tahun 2021 yang dicanangkan oleh IMO, yakni Seafarers: At the Core of Shipping's future". Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo di Jakarta pada Jumat (25/6).

"Sebagai salah satu anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) kategori C, setiap tanggal 25 Juni Indonesia ikut merayakan Hari Pelaut Sedunia atau Day of The Seafarers sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi atas kontribusi para pelaut dari seluruh dunia pada perdagangan global dan perekonomian dunia," ujar Agus.

Menurut Agus, sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah pelaut terbesar di dunia, sudah sepatutnya kita menghargai dan menghormati jasa para pelaut dalam mendukung perekonomian dunia khususnya para pelaut Indonesia.

"Tahun ini Pemerintah telah melaksanakan beberapa program khusus untuk pelaut di masa Pandemi COVID-19, di antaranya program vaksinasi bagi pelaut, juga memfasilitasi proses pergantian awak kapal (crew change) dan repatriasi pemulangan pelaut," jelasnya.

Adapun program vaksinasi nasional bagi para pekerja transportasi termasuk untuk pelaut, menjadi prioritas Pemerintah Indonesia.

"Terkait dengan program vaksinasi gratis untuk para pelaut tersebut, kami mengusung tagline #IndonesianHeroes atau singkatan dari Indonesian Healthy and Ready Onboard Seafares yang memiliki arti mengedepankan kesehatan para pelaut terutama di masa Pandemi Covid-19 ini.