Pendaftaran CPNS-PPPK 2021 Sebentar Lagi Dibuka, Ikut Bimbel Nggak Ya?

ADVERTISEMENT

Pendaftaran CPNS-PPPK 2021 Sebentar Lagi Dibuka, Ikut Bimbel Nggak Ya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 27 Jun 2021 22:00 WIB
Jakarta -

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 dibuka sebentar lagi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri akan memberikan keterangan pers pada Selasa (29/6/2021) mendatang terkait pembukaan pendaftaran tersebut.

Nah, bagi yang berminat untuk menjadi abdi negara pun mesti bersiap-siap. Tidak hanya bersiap untuk mendaftar, namun juga bersiap untuk mengikuti sejumlah rangkaian tesnya.

Sejalan dengan akan dibukanya pendaftaran CPNS-PPPK 2021, layanan bimbel biasanya menawarkan jasanya ke masyarakat. Perlukah ikut?

Dalam catatan detikcom, CEO Bimbel Akses, Pratama Suharyadi mengatakan ikut bimbel CPNS bisa menambah persiapan calon peserta seleksi CPNS. Dia menilai banyak materi tes CPNS yang memang belum dipelajari di tingkat sekolah ataupun perguruan tinggi.

"Materi CPNS kan memang nggak diajarkan di sekolah ya. Misalnya TKP, tes karakteristik pribadi, ini kan nggak diajarkan pas di sekolah. Nah pengajar kami di sini sudah ada pengalaman dan merasakan tes tersebut, jadi apa yang dirasakan sama mereka akan diajarkan di sini," ungkap Pratama ketika ditemui detikcom di kantornya, Bintaro, Tangerang Selatan, 18 Maret 2021 lalu.

Pihaknya memberikan layanan ajar secara tatap muka maupun daring. Kalau pun ada yang mau belajar secara mandiri pihaknya akan memberikan satu paket pembelajaran tes CPNS.

"Kalau modul semua paket yang kami tawarkan pasti dikasih buat belajar-belajar," kata Pratama.

Masih di sekitaran Bintaro, ada juga Bimbel Newtonsix yang memberikan layanan bimbel CPNS. Staf Newtonsix Wahyu juga menyebutkan banyak materi yang belum pernah diajarkan di tingkat pendidikan umum, maka dari itu ikut bimbel CPNS bisa meningkatkan persiapan calon peserta seleksi CPNS.

"Jadi banyak sekali materi ini, soal-soal ini belum pernah diajarkan. Kalaupun yang sudah pernah di tingkat sekolah atau kampus kan bisa aja lupa, makanya ikut bimbel penting untuk persiapan," ujar Wahyu.

Di sisi lain, dengan ikut bimbel dia menilai calon pendaftar bisa lebih mudah mengatur waktu untuk mempersiapkan diri ikut tes CPNS.

"Kan kalau kita belajar sendiri rasanya entar-entar terus malah jadi nggak belajar ujungnya. Kalau ada bimbel kan terjadwal, dia nggak mau ikut pasti kayak sayang aja udah bayar nggak ikut, apalagi manfaatnya banyak buat persiapan," kata Wahyu.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT