Sudah Sebar Harga Tiket, Ternyata Super Air Jet Belum Ajukan Izin Buka Rute

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 29 Jun 2021 13:10 WIB
Super Air Jet resmi mendarat di Indonesia. Maskapai ini merupakan penerbangan swasta yang menargetkan kalangan milenial.
Foto: Super Air Jet
Jakarta -

Super Air Jet siap mengepakkan sayapnya di langit Indonesia. Bahkan, maskapai baru ini sudah mempublikasikan beberapa promosi, rencana, hingga harga tiket dari rute penerbangan yang akan dibuka.

Maskapai ini sudah mengantongi sertifikasi Air Operator Certificate (AOC) dengan tipe pesawat Airbus A320 dari Kementerian Perhubungan. Super Jet Air memegang Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036.

Namun, hingga kini Kementerian Perhubungan menyatakan Super Air Jet belum mengajukan izin rute penerbangan. Tanpa izin ini, maskapai belum bisa membuka layanan penerbangan.

"Izin rute kami sudah (diurus) online, tapi sampai detik ini belum ada (izin rute Super Air Jet) masuk ke aplikasi DJU," papar Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto kepada detikcom, Selasa (29/6/2021).

Alurnya, setelah mendapatkan AOC, Super Air Jet harus mengurus izin rute penerbangan baru bisa membuka layanan. Maskapai juga harus berkoordinasi dengan operator bandara untuk meminta slot time dari bandara tujuan maupun bandara keberangkatan pada sebuah rute.

Di sisi lain, maskapai sudah mulai mempublikasikan beberapa rencana rute yang akan dibuka. Dilihat detikcom di situs superairjet.com, pada pilihan promotions terdapat beberapa penawaran rute penerbangan Super Air Jet plus harganya.

Mulai dari Jakarta-Palembang dengan tarif Rp 252 ribu, Jakarta-Pekanbaru mulai Rp 423 ribu, dan Jakarta-Medan Kualanamu mulai Rp 536 ribu.

Kemudian Super Air Jet juga melayani rute Jakarta-Pontianak tarif mulai Rp 385 ribu, Jakarta-Padang tarif mulai Rp 440 ribu, dan Jakarta-Batam tarif mulai Rp 429 ribu.

Sedangkan, rute Jakarta-Lombok, tarif mulai dari Rp416 ribu, Jakarta-Surabaya tarif mulai Rp 348 ribu, Jakarta-Denpasar tarif mulai Rp 426 ribu dan Jakarta-Banjarmasin tarif mulai Rp 437 ribu.

Namun, hingga saat ini rute-rute yang dicantumkan itu belum ada yang bisa dipesan tiketnya. Menu online booking yang ada di website tersebut masih ditutup, dan disebutkan akan dibuka dalam waktu dekat.

Simak Video: Super Air Jet Akan Terbang di Sejumlah Destinasi Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(hal/zlf)