Tips Sukses Memilih Mentor Bisnis Bagi Pengusaha

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 01 Jul 2021 08:20 WIB
Jakarta -

Menjadi pengusaha sukses tentu diimpikan siapapun. Salah satu alternatif untuk mengurangi risiko dalam berbisnis yaitu dengan melibatkan mentor bisnis dalam mengambil keputusan.

Terkadang memilih mentor bisnis pun tidak dapat asal pilih. Tentu ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan pengusaha agar adanya mentor bisnis dapat berjalan efektif bagi perkembangan bisnis Anda.

CEO PT Duta Sukses Dunia Yudi Candra mengatakan, mentor bisnis diperlukan untuk melihat potensi pebisnis dari sudut pandang lain. Hal pertama untuk memilih mentor bisnis yakni dilihat dari seberapa besar kepedulian mentor terhadap bisnis yang dijalankan.

"Jadi kalau mentor tidak peduli itu akan cukup menantang. Karena kenapa? Dia hanya menganggap Anda hanya client aja, tetapi ketika dia peduli dia akan mencari berbagai angle, berbagai sudut bagaimana bisa membantu orang dan melihat potensi," kata Yudi dalam acara d'Mentor bertajuk 'Cepat Sukses dengan Mentor,' Rabu (30/6/2021).

Selain itu, kata Yudi, memilih mentor disama-artikan dengan memilih pasangan, di mana kecocokan menjadi hal utama. "Anda harus tahu siapa yang tepat dengan Anda, sama seperti pasangan. Apakah Anda merasa bisa mengikuti apa yang diarahkan, karena setiap coach memiliki kriteria yang berbeda, dan itu berlaku untuk semua mentor bisnis, harus cocok kritera dengan Anda," lanjutnya.

Lebih jauh lagi, cari sosok mentor bisnis sesuai dengan kebutuhan dan dapat membawa Anda keluar dari zona nyaman. Menurutnya, tantangan bagi pengusaha sukses yaitu dapat berubah dan melakukan hal yang tidak biasa dilakukan.

"Jadi kalau mentor mengikuti apa yang Anda mau 99,9% anda nggak akan berubah. Karena perubahan itu sebuah proses, cari mentor yang bisa maksa anda. Orang yang bisa nyambuk dan memberikan reward berupa pujian, mentor harus faham apa yang dibutuhkan oleh clientnya," jelasnya.

Ketika sudah menemukan mentor bisnis, indikator diawali dengan penentuan goal setting antara pengusaha dan mentor bisnis. Menurut Yudi, di awal antara keduanya harus membuat rencana pencapaian se-realistis mungkin.

"Jadi indikatornya kita harus ngobrol bareng dengan coach, dengan mentor, lalu buka-bukaan permasalahan kemudian dilihat dan buat goal yang realistis bersama. Karena kalau Anda tidak bisa menemukan goal realistis, bersama siapapun mentor tidak akan bisa mencapai goal tersebut. Apalagi kalau anda tidak mau membayar harganya, dalam arti kata harga itu adalah usaha," jelas Yudi.

Memilih mentor bisnis pun menurutnya bisa dari sosok inspirator pengusaha. Perbedaannya, seorang mentor bisnis dapat berperan sebagai inspirator pengusaha, selagi pengusaha berkeinginan untuk melakukan saran yang diberikan mentor.

"Mentor terkadang bisa bergerak sebagai inspirator, yang memaksa, atau bahkan seorang ayah atau teman baik. Yang belum tentu harus formal sebagai trainer, mentor itu bisa jadi siapa saja," tandasnya.

(zlf/zlf)