Pengusaha Pemula Butuh Mentor Bisnis Nggak Sih?

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 01 Jul 2021 10:03 WIB
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mendorong hadirnya pengusaha-pengusaha baru. Umumnya, perjalanan pengusaha akan terbantu dengan hadirnya mentor bisnis.

Di tengah keterbatasan dan wacana PPKM Darurat, tentu untuk menarik mentor bisnis akan menambah pengeluaran. Lalu kapan waktu yang tepat untuk pengusaha pemula memiliki mentor bisnis?

CEO PT Duta Sukses Dunia Yudi Candra mengatakan, bagi pebisnis pemula ada baiknya mencari mentor dari berbagai platform mentor bisnis gratis. Hal tersebut mengingat bahwa pengusaha pemula biasanya belum memiliki keuangan yang stabil untuk merekrut mentor bisnis.

"Lebih baik google-google dulu, nonton YouTube mentor, belajar dan mendapatkan mentalitasnya. Kemudian nyoba ilmu-ilmu yang diberikan oleh mentor-mentor yang ditonton gratis di YouTube," kata Yudi dalam acara d'Mentor bertajuk 'Cepat Sukses dengan Mentor Bisnis,' Rabu (30/6/2021).

"Kemudian ketika Anda sampai di satu stage, satu poin, di mana anda mentok dan sulit berkembang, baru coba hire mentor secara pribadi," ujarnya.

Lebih lanjut, pengusaha pemula juga dapat belajar dari pengusaha lain yang lebih sukses dan berada di bidang usaha yang sama. Intinya, kata dia, manfaatkan sebaik mungkin mentor bisnis yang bisa didapat secara gratis.

"Kalau bisa cari mentor gratis dulu apalagi pebisnis pemula. Kita kan kalau bisnis apa yang kita cari itu uang, ketika ingin menghasilkan uang bagaimana kita mengeluarkan sesuatu sehemat mungkin, apalagi kalau kita punya resources itu terbatas," jelasnya.

Dia mengatakan, tak menutup kemungkinan teman pengusaha dapat menjadi mentor. Seperti yang dialaminya selama menjadi mentor, dia menceritakan, memiliki teman yang saling menjadi mentor bagi masing-masing.

"Saya pun sebagai coach punya teman sebagai mentor saya dan terkadang teman pun menganggap saya sebagai mentor dia. Karena kita berasa di dua bidang berbeda tapi kita selalu bertukar pikiran, dalam hati saya respect dia karena dia seorang pengusaha yang sukses," tuturnya.

Terutama, kata dia, jika pertemanan yang terjalin merupakan pertemanan yang berkualitas. Sangat tentu bisa teman jadi mentor pengusaha.

"Karena teman yang berkualitas dan layak menjadi mentor Anda itu harus punya kriteria. Dia mau mendengarkan Anda, karena ketika Anda didengarkan artinya dia respect. Jadi teman yang mengerti kondisi kita," tutupnya.



Simak Video "Cepat Sukses Dengan Mentor Bisnis "
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)