Usung Konsep Milenial, Begini Spesifikasi Pesawat Super Air Jet

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 01 Jul 2021 12:54 WIB
Super Air Jet resmi mendarat di Indonesia. Maskapai ini merupakan penerbangan swasta yang menargetkan kalangan milenial.
Foto: Super Air Jet
Jakarta -

Maskapai swasta baru Super Air Jet telah mendapatkan izin operasi. Kementerian Perhubungan telah memberikan Sertifikat Operator Penerbangan atau Air Operator Certificate (AOC) dengan nomor 121-060 kepada Super Air Jet.

Dengan mengantongi izin operasi, Direktur Utama (Chief Executive Officer SUPER AIR JET, Ari Azhari menyampaikan Super Air Jet akan memberikan layanan transportasi udara yang aman, nyaman, dan terjangkau. Hal itu sesuai dengan misi maskapai.

"Fokus utama Super Air Jet menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antar kota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional," kata Ari dalam keterangan pers, Kamis (1/7/2021).

Kini maskapai baru yang mengusung konsep milenial diizinkan mengoperasikan pesawat udara tujuan komersial. Perlu diketahui izin operasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara. Super Air Jet disebut telah memenuhi lima tahap sertifikasi yang dilakukan pada 9 bulan lalu.

"Dalam memenuhi proses sertifikasi ini, SUPER AIR JET berhasil melalui 5 (lima) tahapan atau fase, yaitu Pre-Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration & Inspection, dan Certification," kata Ari.

Ari juga menyampaikan Super Air Jet telah mendapatkan Surat Izin Usaha Angkutan Udara Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036. Kemudian telah memiliki kode penerbangan "IU" dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional), SJV dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional) serta PROSPER untuk Kode Panggil (Callsign) di udara.

Saat ini, Ari mengaku pihaknya sedang mempersiapkan penerbangan perdana dengan rute-rute domestik yang sangat potensial, memiliki daya tarik keunggulan daerah, serta tren penerbangan kategori penumpang milenial.

Dia menyebut pada tahap awal Super Air Jet akan mengoperasikan tiga armada jenis Airbus 320-200 dengan kapasitas penumpang 180 kursi kelas ekonomi yang nyaman di kelasnya dan tempat duduk yang ergonomis.

Simak Video: Super Air Jet Akan Terbang di Sejumlah Destinasi Indonesia

[Gambas:Video 20detik]




(eds/eds)