Bill Gates Sumbang Rp 2,8 T untuk Perjuangkan Kesetaraan Gender

Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 02 Jul 2021 08:30 WIB
Bill Gates kutu buku
Foto: Facebook
Jakarta -

Gates Foundation atau yayasan milik Bill dan Melinda Gates ini mengumumkan pada Rabu (30/6) kemarin bahwa mereka akan menyumbangkan lebih dari US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 2,8 triliun (dengan kurs Rp 14.400/dolar AS) untuk inisiatif kesetaraan gender, termasuk pemberdayaan ekonomi dan kesehatan wanita.

Melansir dari CNN, Kamis (1/7/2021), pengumuman tersebut disampaikan pada hari pertama pelaksanaan forum generasi kesetaraan gender di Paris, yang berfokus pada pemberdayaan wanita.

"Dunia telah berjuang untuk kesetaraan gender selama beberapa dekade, tetapi kemajuannya semakin melambat," kata Melinda Gates, dalam sebuah pernyataan.

"Sekarang adalah kesempatan untuk menghidupkan kembali gerakan dan memberikan perubahan nyata," Jelasnya lagi.

Rencananya pencairan dana tersebut akan berlangsung selama lima tahun ke depan dan fokus pada tiga bidang. Dana sebesar US$ 2 miliar tersebut akan dialokasikan terhadap tiga bidang tersebut di mana dana sebesar US$ 650 juta atau setara dengan Rp 936 miliar untuk pemberdayaan ekonomi, US$ 1,4 miliar (setara dengan Rp 2 triliun) untuk kesehatan dan keluarga berencana, dan US$ 100 juta atau sekitar Rp 144 miliar untuk mempercepat posisi kepemimpinan.

"Memprioritaskan kesetaraan gender bukan hanya hal yang benar untuk dilakukan, penting untuk memerangi kemiskinan dan penyakit yang dapat dicegah," kata Bill Gates dalam sebuah pernyataan yang sama.

(zlf/zlf)