Maskapai Ramai-ramai Kasih Vaksin COVID-19 Gratis, Ini Cara Dapatnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 03 Jul 2021 18:30 WIB
Vaksin Sinovac untuk Anak Dapat Lampu Hijau, Ini Fakta-faktanya
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sejumlah maskapai menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 gratis untuk para penumpangnya. Mulai dari Garuda Indonesia, Lion Air, hingga Citilink memberikan layanan vaksin gratis.

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia mendukung upaya percepatan program vaksinasi nasional. Untuk calon penumpang Garuda bisa melakukan vaksinasi di bandara syaratnya harus berusia 18 tahun ke atas.

Vaksin bisa diberikan untuk dosis pertama maupun vaksin kedua jenis Sinovac. Layanan ini tersedia di area customer service Garuda Indonesia Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Lion Air

Kemudian Lion Air juga menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 untuk penumpang rute Jakarta lewat Bandara Soekarno-Hatta. Vaksinasi ini dilakukan di area kedatangan Terminal 2 D-E pada 08.00-19.00 WIB mulai 3 Juli.

Fasilitas vaksin gratis ini dilaksanakan melalui proses (tahapan) pemantauan, pemeriksaan kesehatan (medical screening) oleh tenaga medis dengan menjaga protokol kesehatan dan keamanan COVID-19.

Syaratnya penumpang wajib menunjukkan tiket atau dokumen untuk naik pesawat atau boarding pass yang berlaku. Keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta atau penumpang dengan tujuan akhir Bandara Soetta. Jika penumpang yang melakukan vaksinasi kedua wajib menunjukkan sertifikat vaksin dosis pertama.

Usia yang bisa divaksinasi minimum 12 tahun dan wajib didampingi orang tua atau pendamping dewasa. Kemudian melengkapi kartu identitas resmi.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, demi kelancaran dan kenyamanan proses vaksin, setiap penumpang diharapkan datang empat jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Citilink

Citilink juga menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19 mulai 3 Juli 2021. Direktur Utama Citilink Juliandra mengungkapkan vaksin ini bisa didapatkan oleh penumpang Citilink berusia 12 tahun ke atas yang melakukan perjalanan dari Bandara Soetta.

Penumpang dapat melakukan registrasi di lokasi pendaftaran vaksinasi yang berada di Area Kedatangan Domestik (East Lobby) Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan membawa dokumen berupa tiket penerbangan dan KTP asli bagi penumpang yang berusia 18 tahun ke atas dan KK bagi penumpang yang berusia 12-17 tahun.

Adapun lokasi vaksinasi berada di Lounge Umroh Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

(kil/ara)