Daftar Maskapai yang Beri Divaksinasi Gratis, Plus Cara Dapatnya!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 04 Jul 2021 10:35 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers terkait kedatangan vaksin COVID-19 Sinovac setibanya dari Beijing di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021). Sebanyak enam juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac yang dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia tersebut, selanjutnya dibawa ke Bio Farma Bandung sebelum didistribusikan ke Kota dan Kabupaten di Indonesia. ANTARA/Muhammad Iqbal/aww.
Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Jakarta -

Pemerintah mewajibkan masyarakat yang ingin bepergian dengan pesawat udara harus menunjukkan kartu vaksin COVID-19 minimal dosis pertama.

Jika belum vaksin, jangan khawatir. Sejumlah maskapai memberikan fasilitas vaksin gratis di terminal keberangkatan.

Misalnya, maskapai Garuda Indonesia, Lion Air sampai Citilink. Untuk anak usia 12 tahun juga bisa mendapatkan fasilitas vaksin tersebut.

Berikut syarat dan tempat vaksinnya:

Garuda Indonesia

Maskapai pelat merah ini juga mendukung upaya percepatan program vaksinasi nasional. Calon penumpang Garuda bisa vaksin di bandara dengan syarat berusia 18 tahun ke atas.

Vaksin bisa diberikan untuk dosis pertama maupun vaksin kedua jenis Sinovac. Layanan ini tersedia di area customer service Garuda Indonesia Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Citilink

Anak usaha Garuda Indonesia ini juga memberikan fasilitas vaksin. Penumpang Citilink yang berusia 12 tahun ke atas juga bisa melakukan vaksin di bandara.

Direktur Utama Citilink Juliandra mengungkapkan jika penumpang bisa registrasi di lokasi pendaftaran vaksin. Tempatnya berada di Area Kedatangan Domestik (East Lobby) Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan membawa dokumen berupa tiket penerbangan dan KTP asli bagi penumpang yang berusia 18 tahun ke atas dan KK bagi penumpang yang berusia 12-17 tahun.

Adapun lokasi vaksinasi berada di Lounge Umroh Domestik Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Lion Air

Maskapai berlogo singa merah ini juga menyediakan layanan vaksin COVID-19 di area kedatangan Terminal 2 D-E pada 08.00 - 19.00 WIB mulai 3 Juli.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, demi kelancaran dan kenyamanan proses vaksin, setiap penumpang diharapkan datang empat jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Syaratnya penumpang wajib menunjukkan tiket atau dokumen untuk naik pesawat atau boarding pass yang berlaku. Keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta atau penumpang dengan tujuan akhir Bandara Soetta. Jika penumpang yang melakukan vaksinasi kedua wajib menunjukkan sertifikat vaksin dosis pertama.

Usia yang bisa divaksinasi minimum 12 tahun dan wajib didampingi orang tua atau pendamping dewasa. Kemudian melengkapi kartu identitas resmi.

(kil/zlf)