Mendag Pastikan Stok Bahan Pokok Aman saat PPKM Darurat, Ini Datanya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 05 Jul 2021 17:06 WIB
Pemerintah akan menarik pajak untuk bahan pokok. Para pedagang menilai kebijakan tersebut sangat tidak pas jika dilakukan dalam kondisi pandemi COVID-19.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Perdagangan M Lutfi menyatakan stok bahan pokok selama pemberlakuan PPKM Darurat aman terkendali. Baik ketersediaan barangnya, hingga keterjangkauan harganya.

Dia mengatakan hampir semua bahan pokok yang ada mulai dari beras hingga bawang memiliki kecukupan stok hingga lebih dari dua minggu ke depan.

"Seluruh bahan pokok memiliki kecukupan lebih dari dua minggu hingga lebih dari satu bulan. Saya katakan barang ini ada, terjangkau, stabil, dan mudah-mudahan PPKM Darurat ini tidak jadi masalah apapun," ungkap Lutfi dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Lutfi mengatakan hampir semua bahan pokok sebetulnya tidak mengalami kenaikan harga. Hanya cabai saja yang harganya sempat bergejolak. Namun, dia menjamin kenaikan harga ini tidak akan signifikan, pasalnya sudah ada daerah yang akan panen cabai.

"Cabai ini meski ada dinamika sedikit, tapi Banyuwangi ini akan masuk musim panen, maka harga akan terkatrol turun lagi," papar Lutfi.

Dalam paparannya harga cabai per 2 Juli untuk jenis rawit merah mengalami kenaikan sebesar 12,09% selama seminggu, dan naik 29,45% secara bulanan. Kini harganya di kisaran Rp 67.700 per kg.