PPKM Darurat di Hari Kerja, Luhut: Macetnya Luar Biasa

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 05 Jul 2021 19:12 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Terjadi kemacetan di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hari ini. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang harus ke kantor.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sejumlah jalan di Jabodetabek masih dipenuhi mobilitas warga. Hal ini membuat jalanan macet dan menimbulkan kerumunan.

"Hal ini dilaporkan pihak yang bertugas dan saya sendiri sempat keliling sebentar dan memang saya lihat macetnya luar biasa," tutur Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (5/7/2021).

Sebagai koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Luhut memastikan karyawan non esensial yang bekerja dari rumah tidak dapat diberhentikan sepihak oleh perusahaan.

"Untuk perusahaan sektor non esensial yang sedang menjalankan WFH tidak dapat diberhentikan secara sepihak oleh perusahaan atau dilakukan pemecatan. Saya sudah bicara dengan Kapolri dan juga pak Gubernur," tambahnya.

Luhut meminta TNI dan Polri terus melakukan penyekatan. Ia juga mengimbau perusahaan mematuhi peraturan ini.

"Kemudian saya juga berharap dalam konteks ini Polri, TNI untuk tetap konsisten. Saya ulangi konssiten melakukan penyekatan, dan kita harus mengimbau semua perusahaan untuk meamtuhi ketentuan ini, karena untuk kepentingan kita semua," tuturnya.

(das/ara)