Kabar Baik! BUMN Ramai-ramai Pasok Oksigen ke Rumah Sakit

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 06 Jul 2021 12:45 WIB
tabung oksigen
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Sejumlah BUMN memasok oksigen ke sejumlah rumah sakit di Jakarta hingga Jawa Tengah. Langkah tersebut dilakukan usai kabar adanya kelangkaan oksigen di berbagai daerah.

Pertamina Group mengalokasikan infratrukturnya untuk memperlancar alokasi dan distribusi oksigen ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Selain itu, Pertamina melalui PGN juga memberikan bantuan dan oksigen. Pupuk Indonesia Group sudah mengirimkan total 96,73 ton oksigen ke rumah sakit yang ada di Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Krakatau Steel yang memiliki alokasi oksigen yang cukup besar di mana selama ini digunakan sebagai bagian proses produksi baja, segera dialihkan untuk membantu ketersediaan oksigen di rumah sakit.

"BUMN bergerak cepat di segala lini. Ini terutama untuk membantu ketersediaan oksigen. Beberapa perusahaan BUMN sudah menyalurkan oksigen ke sejumlah wilayah yang membutuhkan," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Selasa (6/7/2021).

Dia menegaskan bahwa fokus BUMN adalah untuk membantu penanganan pandemi. Dia optimistis langkah yang dilakukan perusahaan-perusahaan pelat merah akan cepat dalam merespons kebutuhan di lapangan.

"Saat ini fokus adalah menjamin ketersediaan oksigen yang memadai bagi seluruh rumah sakit dan tempat perawatan. Distribusi secara masif terus dilakukan dan insya Allah ini akan menjamin ketahanan persediaan oksigen di rumah sakit," ujar Erick.

Erick pun mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh segenap pihak di BUMN dalam membantu penanganan COVID-19. Dia pun meminta agar pelayanan tersebut terus ditingkatkan demi misi untuk membantu Indonesia untuk bangkit dari pandemi.

"Mulai dari kru di lapangan, pabrik, maupun yang terlibat dalam mendistribusikannya hingga jajaran direksi, saya memberi apresiasi yang tinggi. Tugas belum usai dan terus, kami dari BUMN akan meningkatkan pelayanan pada kebutuhan masyarakat terkait penanganan pandemi maupun kebutuhan sehari-hari," ujar Erick.

Simak video 'Mendag Sebut Impor Oksigen Tak Akan Ada Hambatan':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/zlf)