Menjawab Keterbatasan Petani di Perbatasan

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 08 Jul 2021 16:02 WIB
(itimewa)
Foto: (istimewa)
Nunukan -

Kawasan wilayah terluar hingga perbatasan sering kali menghadapi sulitnya akses terhadap peralatan pendukung pertanian. Namun, peran sejumlah pihak seringkali jadi angin segar di tengah kebuntuan warga perbatasan.

Salah satunya seperti yang dialami warga perbatasan di Nunukan, Kalimantan Utara. Dalam kunjungan kerja Komandan Korem 092/Maharajalila ke lokasi TMMD wilayah Perbatasan ke 111 Kodim 0911/Nunukan, Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Suratno memberikan satu unit tractor baru kepada kepala kelompok Tani (Gapoktan) RT 11 bapak Benjamin Sampe.

Tractor tersebut diberikan dengan alasan yakni para kelompok tani warga Desa Binusan Dalam bisa semakin bersemangat dalam menggarap sawahnya dan harus bisa menjadi salah satu sentra penghasil padi di wilayah pulau Nunukan.

"Dijaga, digunakan dan dirawat alat ini untuk keperluan bapak dalam meningkatkan produktifitas pertanian. Jalan sudah dibuka, petani sudah memiliki alat yang bisa membantu dalam olah lahan sawah saya harapkan bisa lebih semangat dan lebih meningkatkan produktifitas hasilnya nanti," tutr dia.

Benjamin Sampe yang secara simbolis penerima sebagai perwakilan merasa sangat senang dan bahagia. Ia mengaku sangat senang hingga sulit berkata kepada Danrem 092/Mrl.

"Terimakaish banyak Pak Danrem, sudah sangat perhatian kepada kami disini. Kami akan merawatnya dan menggunakannya dengan segala upaya kami. Sehingga kami bisa menjalankan amanah yang bapak berikan ke kami," jawabnya.

(dna/dna)