Lowongan Kerja Bermunculan, Pengangguran Berkurang?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 08 Jul 2021 22:15 WIB
Pengangguran
Foto: Fuad Hasim
Jakarta -

Warga Amerika Serikat (AS) yang menikmati tunjangan pengangguran mulai berkurang. Jumlahnya sempat naik sedikit pada minggu lalu. Namun trennya mulai menurun, mengindikasikan bahwa pemulihan pasar tenaga kerja dari pandemi COVID-19 belum stabil.

Setidaknya kegiatan bisnis telah dibuka kembali dengan cepat, seiring dengan 155 juta orang Amerika yang telah sepenuhnya divaksinasi. Namun, rebound pasar kerja sama sekali tidak stabil meskipun ada kenaikan lapangan kerja baru-baru ini.

Departemen Tenaga Kerja mengatakan klaim awal tunjangan pengangguran negara naik 2.000 menjadi 373.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 3 Juli.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan 350.000 klaim pengangguran untuk minggu terakhir.

"Melalui beberapa gangguan dalam data, sepertinya tren pengajuan terus bergerak lebih rendah dari waktu ke waktu," kata Daniel Silver, ekonom di JPMorgan di New York dilansir Reuters, Kamis (8/7/2021).

Ada rekor 9,2 juta lowongan pekerjaan pada akhir Mei dan 9,5 juta orang secara resmi menganggur pada Juni.

Jumlah orang yang terus menerima manfaat tunjangan pengangguran setelah minggu pertama bantuan turun 145.000 menjadi 3,339 juta selama pekan yang berakhir 26 Juni. Ada 14,2 juta orang yang menerima manfaat di bawah semua program pada akhir Juni, turun dari 14,7 juta di awal bulan.

Data tersebut muncul setelah laporan pekerjaan bulanan yang menggembirakan dari Departemen Tenaga Kerja Jumat lalu, yang menunjukkan perusahaan-perusahaan AS mempekerjakan sebagian besar pekerja dalam 10 bulan di bulan Juni.

Klaim telah turun dari rekor 6,149 juta pada awal April 2020 tetapi tetap di atas kisaran 200.000-250.000 yang dipandang konsisten dengan pasar tenaga kerja yang sehat.

Data klaim mungkin tetap tidak stabil dalam beberapa minggu mendatang karena 25 negara bagian dengan sebagian besar gubernur Republik menarik diri dari program pengangguran yang didanai pemerintah federal. Itu termasuk cek mingguan US$ 300, yang dikeluhkan oleh bisnis karena mendorong para pengangguran untuk tinggal di rumah.

Mereka yang mengumpulkan manfaat di bawah program Bantuan Pengangguran Pandemi dan Program Kompensasi Pengangguran Darurat Pandemi turun hampir 465.000 dalam pekan yang berakhir 19 Juni, penurunan terbesar sejak awal Mei.

Penghentian awal bantuan dimulai pada 5 Juni dan akan berlangsung hingga 31 Juli, ketika Louisiana, satu-satunya negara bagian yang memiliki gubernur Demokrat, mengakhiri pemeriksaan mingguan. Untuk seluruh negara, manfaat ini akan berakhir pada 6 September.

(toy/dna)