Diresmikan Jokowi Hari ini, RS Wisma Haji COVID-19 Buka Besok Pagi

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 16:06 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau Rusun Pasar Rumput (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi saat meninjau Rusun Pasar Rumput (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta sebagai Rumah Sakit untuk pasien COVID-19 hari ini. Jokowi mengatakan kesiapan dari Wisma Haji saat ini yang dikonversi menjadi RS COVID-19 sebesar 99%.

"Saya sudah cek ke dalam peralatan rumah sakit, pergantian AC, pembangunan lift untuk para pasien saya lihat semuanya di dalam keadaan 99% siap," kata Jokowi, dalam Live Streaming Sekretariat Presiden, Jumat (9/7/2021).

Didampingi oleh Menteri Agama Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Jokowi mengungkap Wisma Haji akan mulai beroperasi besok pagi. Artinya Sabtu pada 10 Juli 2021.

"Dengan mengucap Bissmilahhiramahnirohim Rumah Sakit Wisma Haji bisa dioperasionalkan besok pagi," jelasnya.

Dengan diresmikannya Wisma Haji sebagai RS Pasien COVID-19, Jokowi mengajak mahasiswa, pemuda, hingga ibu-ibu PKK untuk bergotong-royong menjadi relawan dalam penanganan COVID-19.

"Saya ingin mengajak kepada para mahasiswa , pemuda-pemudi, kepada ibu-ibu PKK, kader-kader posyandu untuk bersama-sama, bahu membahu, bergotong royong untuk menjadi relawan dalam penanganan COVID-19 ini," ujar Jokowi.

"Dokter, tenaga kesehatan, ASN, TNI dan Polri sudah bekerja keras pagi, siang, malam sejak bulan Maret 2020 lalu sampai saat ini dan saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Tetapi akan lebih bagus lagi apa bila ada tambahan relawan-relawan dari seluruh komponen masyarakat sehingga penanganan COVID-19 ini, kita tangani sebaik-baiknya," pungkas Jokowi.

(zlf/zlf)