300.000 Paket Obat Gratis Siap Disebar ke Pasien COVID-19 Rabu Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 12 Jul 2021 13:44 WIB
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan mengirimkan 300 ribu paket obat gratis kepada pasien virus Corona (COVID-19) dengan status OTG dan gejala ringan.

Luhut menjelaskan berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) paket obat tersebut akan disebar mulai Rabu pekan ini.

"Presiden sudah memutuskan tadi mulai tanggal Rabu nanti Minggu ini kita akan launching ada 300.000 paket obat untuk OTG dan juga untuk kelas-kelas penyakit yang masih tidak serius," kata dia dalam keterangan pers, Senin (12/6/2021).

Dirinci lebih lanjut ada 3 jenis paket obat yang akan diberikan kepada masyarakat, yakni untuk OTG 10%, untuk demam dan anosmia 60%, dan untuk demam dan batuk 30%.

Obat-obatan tersebut akan disebar bekerja sama dengan TNI dan pihak-pihak terkait lainnya, menyasar sekitar 210 ribu pasien kasus aktif.

"Jadi paket obat ini akan menjangkau hampir 210.000 yang kasus aktif yang kita berikan, dan ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan. Ini nanti akan dibagikan oleh TNI bersama-sama nanti elemen-elemen yang lain. Prosedur sudah disusun sehingga itu bisa jalan," tambahnya.

(toy/dna)