Telemedicine dan Obat Gratis Diperluas ke Berbagai Provinsi Pekan Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 13 Jul 2021 17:21 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin/Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Pemerintah akan memperluas layanan telemedicine atau konsultasi dan pemberian obat gratis untuk pasien virus Corona (COVID-19) yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa akhir minggu ini atau minggu depan layanan tersebut akan mulai diperluas ke berbagai ibu kota provinsi.

"Mungkin akhir weekend atau minggu depan kita coba ke semua ibu kota provinsi yang besar-besar kita bisa jalankan," kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (13/7/2021).

Pada tahap awal, layanan telemedicine dan obat gratis memang dimulai di DKI Jakarta sebagai pilot project. Setelah dirasa berhasil maka akan diperluas ke Jabodetabek, rencananya pada besok Rabu, baru kemudian dilanjutkan ke berbagai ibu kota provinsi.

"Kenapa telemedicine mulainya di DKI? Karena itu baru pilot project. Kita lagi tes kemampuannya, sistemnya bagus apa nggak, sekarang sudah jalan, sudah lumayan. Jadi mungkin besok kita coba ke Jabodetabek," sebutnya.

"Intinya apa? supaya masyarakat bisa dididik, bisa berkonsultasi mendapatkan layanan dokter, bisa mendapatkan layanan obat, dan bisa diarahkan mana yang mesti ke rumah sakit mana yang mesti isoman," paparnya.

Sementara untuk warga daerah yang tak terjangkau layanan telemedicine, Budi menjelaskan pemerintah akan membantu melalui TNI.

Simak video 'Kemenkes Ingatkan Industri Farmasi untuk Tak Timbun Obat COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)