Mau Vaksin di Bandara Soetta? Cek di Sini Syarat dan Jadwalnya 

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 13 Jul 2021 18:07 WIB
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 yang akan disuntikkan kepada anak usia 12-18 tahun di RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (10/7/2021). Dalam rangka Hari Anak Nasional, Dinas Kesehatan kota Palembang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang menggelar vaksinasi massal COVID-19 terhadap anak usia 12-18 tahun dengan target 1.000 orang anak per hari. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Untuk mendukung percepatan distribusi vaksin COVID-19 telah dibuka banyak sentra vaksinasi, seperti di Bandara Soekarno-Hatta. Layanan vaksinasi digelar di sejumlah terminal Bandara Soekarno-Hatta.

Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan-Kementerian Kesehatan Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero), dan Traveloka menggelar layanan vaksinasi di Terminal 2 dan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Layanan vaksinasi ini beroperasi mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB pada 12-25 Juli 2021. Syaratnya masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas termasuk lansia, tanpa syarat domisili.

Nantinya ditargetkan 14.000 penerima vaksin COVID-19 untuk dosis pertama setelah dua minggu periode pelaksanaan. Inisiatif ini untuk mempercepat herd immunity yang menjadi fokus pemerintah.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS. mengungkapkan pemerintah menargetkan bisa melakukan vaksinasi 1-2 juta dosis setiap harinya.

Kerja sama ini diharapkan bisa membantu untuk memperluas cakupan vaksinasi. "Harapannya bisa mempermudah masyarakat Indonesia dalam mendapatkan vaksinasi COVID-19 dan menciptakan kekebalan kelompok," kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (13/7/2021).

Executive General Manager, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan kemudahan akses vaksin COVID-19 ke masyarakat diharapkan bisa mendukung percepatan program ini.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan kawasan yang tepat karena merupakan salah satu pintu keberangkatan dan kedatangan dengan traffic yang cukup tinggi. Layanan vaksinasi ini diharapkan juga memudahkan orang yang ingin melakukan perjalanan.

Cara daftar di halaman berikutnya.