Pengin Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Pandemi? Ini Kuncinya

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 13 Jul 2021 20:31 WIB
Hustle Culture
Foto: Ilustrator: Edi Wahyono
Jakarta -

Revolusi Industri 4.0 telah memberikan perubahan terhadap preferensi dan gaya hidup konsumen secara lebih modern, sehingga membuat permintaan barang dan jasa pun banyak yang beralih ke pasar digital.

Faktor tersebut membuat banyak perusahaan-perusahaan besar mulai berinovasi dan fokus pada penggunaan teknologi agar memudahkan mereka dalam mencapai target konsumen.

Country Manager Amazon Web Service (AWS) Regional Indonesia Gunawan Susanto menyampaikan bahwa kemampuan penggunaan big data analytic dan machine learning menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan proses digitalisasi suatu bisnis hingga mencapai skala yang lebih besar.

Adanya cloud computing juga memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha untuk dapat bereksperimen guna meningkatkan inovasi digital.

"Dengan adanya sinergi dengan stakeholder terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika RI kami siap terus berkontribusi untuk digitalisasi di Indonesia. Digitalisasi telah mengubah perilaku semua orang, termasuk bagaimana mereka mengonsumsi suatu barang dan saja yang semula berbasis offline kini hampir semuanya serba online. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang digitalisasi oleh pelaku usaha sangat diperlukan," ungkap Gunawan, dalam acara Webinar 'Indonesia Future Digital Economy Outlook' yang diselenggarakan oleh HIPMI pada keterangannya (6/7/2021).

Gunawan juga menjelaskan bahwa dengan adanya digitalisasi, otomatis sebuah bisnis memerlukan antisipasi terhadap data yang dimiliki, baik dalam bentuk video, audio, dan juga gambar. Sehingga, kemampuan dalam memahami penggunaan artificial intelligence menjadi sangat krusial.

"Kemampuan ini tidak harus dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar saja, namun juga dapat dimiliki oleh suatu bisnis di skala kecil dan menengah. AWS pun hadir dengan menciptakan inovasi pelayanan satu atap bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), yaitu Pojok Usaha," ujar Gunawan.

Program tersebut, Ia menambahkan, akan membantu UMKM dalam hal mengakses layanan-layanan AWS yang dapat membantu mereka agar go-digital secara lebih mudah.

"Selama mereka memiliki inisiatif dan kemauan yang kuat untuk mempelajari hal yang baru, maka akan banyak manfaat yang dapat mereka rasakan ketika menggunakan layanan Pojok Usaha tersebut. Hal ini terus AWS lakukan untuk mengedukasi dengan menggandeng HIPMI dan membantu pelaku usaha UMKM, sedang, besar dan lainnya menjalankan digitalisasi. Kami siap menjadi terdepan untuk membantu mengaplikasikan roadmap digitalisasi," tutup Gunawan.

(toy/dna)