Pemerintah Guyur BLT Desa Rp 83 M Selama PPKM Darurat

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 11:49 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Pemerintah sudah menyalurkan BLT dana desa Rp 83 miliar pada Juli ini, bertepatan dengan pelaksanaan PPKM Darurat yang berlaku 3-20 Juli 2021.

"Di bulan Juli ini masih sekitar Rp 83 miliar," kata Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi dalam diskusi virtual, Kamis (15/7/2021).

Sementara itu, jika dikalkulasi dari Januari maka BLT dana desa yang sudah disalurkan adalah Rp 5,8 triliun, dengan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 5.131.941.

"Per tanggal 14 Juli 2021 ini BLT dana desa sudah tersalurkan sejumlah Rp 5,8 triliun dengan jumlah penerima manfaat atau KPM sebanyak 5.131.000 sekian," sebutnya.

Pemerintah telah memprioritaskan dana desa untuk penanganan COVID-19 di tengah PPKM Darurat berupa BLT dana desa. Pemerintah akan mempercepat penyalurannya kepada 8 juta orang penerima. Nilai bantuannya Rp 300.000/bulan.

"BLTdi sini diberikan kepada keluarga miskin atau yang tidak mampu atau rentan di desa dengan besaran Rp 300.000 per kelompok penerima per bulan, sehingga akan diperkirakan penerimanya 8 juta kelompok penerima, dengan anggaran sebesar Rp 28,8 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beberapa waktu lalu.

Simak video 'Pemerintah Salurkan 3 Jenis Bansos Selama PPKM Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)