Masih Belum Paham? Ini Arti dari Singkatan PPKM dan Aturannya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 15:26 WIB
Wacana Perpanjangan PPKM Darurat, Ini Fakta-fakta Terkini
Foto: Dadang Hermansyah
Jakarta -

Istilah PPKM belakangan jadi sering disebutkan usai pemerintah memberlakukan sejumlah pembatasan guna menekan lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia. Meski demikian, sejumlah masyarakat masih belum memahami arti dari singkatan PPKM.

Lalu apa arti singkatan PPKM?

PPKM sendiri merupakan singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. PPKM ini dilakukan untuk membatasi interaksi, pertemuan antara orang dengan orang dan kelompok dengan kelompok, yang diharapkan dapat mengurangi penularan COVID-19.

Meski demikian, PPKM bukanlah istilah aturan pembatasan sosial pertama yang digunakan oleh pemerintah. Sebelumnya, ada sebutan lain yang juga diperkenalkan pemerintah sejak awal pandemi COVID-19, yakni PSBB. Aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai diberlakukan 17 April 2020.

Setelah itu barulah kemudian pemerintah memberlakukan istilah baru guna menekan risiko penyebaran yang lebih tinggi di sejumlah daerah dengan nama PPKM. Istilah/ singkatan PPKM pertama kali berlaku pada 11 Januari - 25 Januari 2021 lalu dengan mencakup wilayah DKI Jakarta dan 23 kabupaten/kota di enam provinsi yang masuk wilayah berisiko tinggi penyebaran COVID-19.

Lantaran hingga jilid II dinilai belum efektif, muncul istilah baru lainnya yakni PPKM Mikro. PPKM mikro berlangsung mulai 9 Februari-22 Februari 2021 dan berlaku di 7 provinsi dengan sejumlah aturan yang lebih lengkap berdasarkan zonasi, bahkan diawasi mulai level RT/RW.

Di awal Juli 2021, pemerintah kembali memberlakukan istilah PPKM darurat. Hal ini dilakukan pemerintah lantaran munculnya lonjakan kasus COVID-19 termasuk dari varian baru. PPKM darurat berlaku dari 3-20 Juli 2021, khususnya di Jawa dan Bali. Namun seiring kasus yang terus meningkat, PPKM darurat juga diperluas di 15 daerah di luar Jawa dan Bali.

Kemudian , apa perbedaan antara PSBB, PPKM Mikro, dan PPKM Darurat? Klik halaman selanjutnya.