Apa Saja Bansos yang Bisa Didapat saat PPKM Darurat? Ini Daftarnya

Ignacio Geordi Osvaldo - detikFinance
Jumat, 16 Jul 2021 14:08 WIB
Bantuan PPKM Darurat Disiapkan Pemerintah, Ini Daftarnya
Foto: Infografis detikcom/Denny
Jakarta -

Pemerintah terus menyalurkan berbagai jenis bantuan sosial (bansos) kepada warga yang membutuhkan di tengah pemberlakuan PPKM Darurat. Diharapkan bansos PPKM ini dapat segera tersalurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna, Presiden Joko Widodo menyampaikan jika bantuan harus dipercepat pembayarannya. Contohnya bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

"Ini tadi instruksi bapak Presiden agar untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini. Terutama untuk tadi PKH untuk dimajukan triwulan ketiga ini bisa dibayarkan di bulan Juli sehingga bisa membantu masyarakat," kata Sri Mulyani.

Lalu, bansos apa saja yang akan segera didistribusikan oleh pemerintah pada masa PPKM darurat? Ini daftarnya.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Target pemerintah untuk penyaluran PKH ini adalah 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sri Mulyani menjelaskan dengan percepatan penyaluran tersebut, maka realisasi PKH di kuartal II-2021 bisa menjadi Rp 13,96 triliun yang diberikan kepada 9,9 juta KPM.

Kartu Sembako

Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar penyaluran kartu Sembako dipercepat menjadi awal Juli. Targetnya bisa terpenuhi 18,8 juta KPM. Kemudian alokasi anggaran Rp 40,19 triliun.

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa

Penyaluran BLT desa juga akan dipercepat. Alokasi anggaran tahun ini untuk BLT Desa sendiri sebesar Rp 28,8 triliun yang ditargetkan dapat tersalurkan kepada 8 juta KPM. Sementara untuk realisasi sampai Juni 2021 sebesar Rp 4,99 triliun kepada 5 juta KPM.

Besaran nilai manfaat yang diberikan kepada peserta sebesar Rp 300 ribu per KPM per bulan. Pendataan calon penerima BLT Desa dilakukan oleh Kepala Desa atau Tim Relawan Desa dengan mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kemensos.

Bansos Tunai (BST)

Kemudian ada juga bansos tunai (BST) diperpanjang hingga Agustus dengan target 10 juta KPM. Nilai yang diberikan Rp 300 ribu per KPM per bulan. Penerima akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan yaitu Rp 600.000. Masyarakat pun bisa mengecek penerima bansos tunai melalui laman https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Selain sejumlah bansos PPKM di atas, pemerintah masih menyiapkan sejumlah bantuan lain seperti pemberian beras 10 kilogram, diskon listrik, hingga pembukaan kembali program Kartu Prakerja.

(eds/eds)