Lulusan Vokasi Bisa Langsung Jadi Wirausaha, Begini Caranya

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 16 Jul 2021 22:17 WIB
Bisnis online
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka program untuk perguruan tinggi vokasi agar bisa menciptakan wirausahawan terintegrasi dengan proses pembelajaran di kampus vokasi.

Melaui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) membuka Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan bagi seluruh Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV).

Dengan program itu, lulusan vokasi diharapkan tidak hanya siap bekerja, tetapi juga memiliki bekal soft skill entrepreneurship untuk memulai usaha. Melalui program itu, Direktorat Mitras DUDI akan mengucurkan anggaran maksimal senilai Rp 250 juta untuk masing-masing PTPPV penerima program. Targetnya program itu bisa mencapai 20 PTPPV yang nantinya akan memperoleh hibah penguatan kewirausahaan.

Dengan dana tersebut perguruan tinggi diimbau memberikan proses pembelajaran, inisiasi kemitraan dengan industri dan/atau lembaga permodalan, dan pengembangan sasana latih (bootcamp) atau magang kewirausahaan bersama mitra DUDI, seperti bentuk coaching clinic.

"Pengalaman mahasiswa selama masa belajar yang dilakukan melalui kegiatan seperti bootcamp atau konseling menjadikan mahasiswa mampu membuat rencana bisnis dengan mempertimbangkan finansial dan ketahanan usahanya," tutur Tim Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan Kemendikbudristek, Heddy R. Agah, dalam keterangannya, Jumat (16/7/2021).

Saat ini pendaftaran dan pengusulan Program Penguatan Ekosistem Kewirausahaan PTPPV masih dibuka hingga 18 Juli 2021.

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui http://ptvp.mitrasdudi.kemdikbud.go.id. Berikut ini jadwal penting pelaksanaan program yang harus diperhatikan oleh calon PTPPV pengusul:

1. Sosialisasi Program : 1 Juli 2021
2. Pendaftaran Program (pemasukan proposal) : 1 - 18 Juli 2021
3. Seleksi Tahap I (desk evaluation) : 19 - 23 Juli 2021
4. Pengumuman Seleksi Tahap I : 26 Juli 2021
5. Seleksi Tahap II (wawancara/presentasi) : 28 - 30 Juli
6. Pengumuman Seleksi Tahap II : 6 Agustus 2021
7. Periode Pelaksanaan Kegiatan : 12 Agustus - 27 November 2021

(dna/dna)