Daya Beli Lagi Lesu, Dagangan di Pasar Susah Laku

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 19 Jul 2021 16:45 WIB
PPKM Darurat berimbas pada aktivitas jual beli di Pasar Cileungsi Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (19/7). Kini pasar tersebut sepi pembeli.
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Harga pangan menjelang lebaran Idul Adha tahun 2021 tak mengalami kenaikan. Beberapa bahan pangan memiliki harga tetap namun terjadi perbedaan dengan harga pangan di hari raya Idul Fitri lalu.

Wakil Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran mengatakan, perubahan yang paling terasa di masa pandemi saat-saat mendekati hari raya bukanlah terletak pada harga jual, melainkan dari daya beli masyarakat yang turun.

"Lemah, turun nggak naik. Daya beli lemah, yang jual harga biasa aja nggak laku. Banyak juga yang nawar-nawarin ke saya suruh bantu jual, udah diturunin harga nggak ada (pembeli)," kata Ngadiran kepada detikcom, Senin (19/7/2021).

Lebih lanjut, pasar pun disebutnya menjual hewan kurban seperti sapi dan kambing. Pada pekan lalu, harga sapi untuk kurban masih di kisaran harga Rp67 ribu per kilogram dan hari ini sudah turun sampai Rp55 ribu per kilogram.

"Daging sapi hidup untuk qurban. Artinya dari dua minggu yang lalu saja Rp67 ribu ditawarkan sekarang sudah Rp55 ribu ya masih di kandang. Gini sekilogram kalau sapi itu kan ditimbang hidup atau kambing, ditimbang hidup, ini sapi yang untuk kurban itu kan ditimbang hidup ditawarkan Rp67 ribu awalnya sekilo. Nanti sapi itu berapa timbangannya, 300 kilogram atau 350 kilogram tinggal dikalikan saja, 1 sapi untuk 7 orang ahli kurban," jelasnya.

Sementara itu, untuk harga daging sapi potong yang di pasaran, turun dari harga saat lebaran Idul Fitri. Ngadiran mengatakan, harga daging sapi pada hari raya sebelumnya bisa mencapai Rp130-Rp140 ribu per kilogram. Namun saat ini harga sapi tetap normal di kisaran Rp105-Rp110 ribu.

"Laku tapi tidak puas, masih ada pembeli cuman tidak se ramai dulu. (Daging sapi) masih harga biasa, kalau Idul Fitri beda bisa Rp130-Rp140 ribu, itu daging besar ya. Kalau daging frozen Rp85 ribu," tuturnya.

Sama halnya dengan sapi, daging ayam potong pun masih dijual dengan harga tetap. "Harga ayam nggak naik, masih biasa, harga ayam Rp32, paling mahal Rp35 ribu. Nggak ada harga pangan yang naik," tandasnya.

(eds/eds)